Ulik Hobi Fotografi jadi Pundi, Bea Cukai Batam Adakan Webinar Fotografi untuk Umum

Batam, 22/07/2021 – Sadar dunia fotografi tidak hanya tentang menangkap momen, Bea Cukai Batam adakan kegiatan webinar fotografi yang bertema “Menjalani Hobi, Meraih Pundi”. Kegiatan yang terbuka untuk umum tersebut diharapkan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat tidak hanya pegawai Bea Cukai saja. Acara yang berlangsung secara daring melalui Zoom Meetings pada Rabu, 22 Junli 2021 berhasil menarik peminat banyak kalangan dengan berhasil diikuti oleh 300 peserta hal ini dikarenakan tema yang diangkat sangat relevan dengan kehidupan modern yang sekarang yaitu memaksimalkan hobi foto untuk hal yang menghasilkan.

Kepala Bea Cukai Batam, Susila Brata dalam sambutannya,

“Fotografi sangatlah erat dengan kehidupan modern saat ini. Semua usaha-usaha yang telah kita lakukan apabila tidak ter-capture dan dipublikasikan sangat disayangkan. Oleh karena itu, menjadi penting untuk kita semua dapat memaksimalkan keahlian foto, salah satunya yaitu dengan mengikuti webinar ini,” ujar Susila Brata.

Webinar ini menghadirkan dua pemateri andal yaitu Juan H Girsang seorang Kepala Seksi di Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara sekaligus fotografer senior yang sangat profesional di bidang Street Photography. Kemudian, Iman Syahputra seorang profesional fotografer di bidang Fashion Commercial Photographer.

Pada sesi pemaparan, kedua pemateri menampilkan presentasi yang sederhana namun lebih banyak berbagi pengalamannya pada saat menjadi fotografer di lapangan. Juan Girsang yang menekuni fotografi jalanan, memberikan tips yang menarik bagaimana mengambil foto sederhana yang memiliki nilai jual dan juga memberitahukan situs jual beli foto seperti, gettyimage.com, shutterstocks.com, iStock dan lainnya.

“Menghasilkan foto yang bagus dan menarik tidak perlu memerlukan alat yang mahal, yang terpenting adalah kita mau belajar melatih visual dan perbanyak referensi serta ikut kegiatan seperti webinar ini agar dapat sharing hal-hal baru dengan banyak orang,” jelas Juan dalam pemaparan materi.

Senada dengan Juan, Iman Syahputra selaku fotografer busana komersial menyampaikan pesan kepada fotografer pemula untuk selalu berproses dan memiliki personal branding,

“Fotografer pada zaman sekarang sudah banyak, namun kita harus memiliki rasa dan gaya tersendiri sehingga kita berbeda dari yang lain. Asah terus keterampilan dan perbaiki selera kita sehingga dapat menghasilkan karya yang bagus dan diterima masyarakat,” ucap Iman.

Antusiasme peserta sangat terlihat dari banyaknya peserta yang tidak segan menggunakan kesempatan untuk bertanya kepada pakarnya yang dapat memberi perspektif baru tentang dunia fotografi. Diharapkan dengan kegiatan webinar ini dapat memberikan pengetahuan baru dalam dunia fotografi sehingga dari hobi dapat menghasilkan pundi.