+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

Batam – Kamis, 11 Agustus 2016 merupakan hari dimana diadakannya Turnamen Basket Internal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Kantor Pelayanan Utama Tipe B Batam merupakan tuan rumah dari turnamen ini. Turnamen diadakan di stadion Hi-Test selama tiga hari. Turnamen basket ini merupakan kompetisi bola basket rutin Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Kompetisi ini diikuti oleh 15 Tim Basket, yaitu Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, 3 Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai, dan 11 Kantor Wilayah Bea dan Cukai.Untitled-1Pada hari kamis, 11 agustus 2016 merupakan hari pertama dilakukan babak penyisian yang terdiri atas 14 pertandingan. Babak penyisian ini dimulai pukul 07.00 WIB dengan pertandingan pertama yaitu Tim Basket Kantor Wilayah Jakarta melawan Tim Basket Kantor Wilayah Sulawesi MPP. Kemudian dilanjutkan dengan pertandingan-pertandingan berikutnya. Babak penyisian pada hari kamis ini diakhiri dengan pertandingan ke-14 yaitu Tim Basket Kantor Wilayah Jawa Tengah melawan Tim Basket Kantor Wilayah Bali.

Pembukaan Turnamen Basket Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dilaksanakan pada hari jumat, 12 agustus 2016, dimulai dengan penampilan devile serta yel-yel dari setiap peserta dan tak luput juga para srikandi Bea dan Cukai dari Kantor Pelayanan Utama Tipe B Batam menampilkan tari sekapur sirih. Tari sekapur sirih merupakan tarian yang dipersembahkan untuk menyambut tamu agung yang datang, tarian ini juga menggambarkan keramahtamahan serta kelembutan darah melayu.Untitled-0Kemudian Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, Bapak Nugroho Wahyu Widodo, secara resmi membuka Turnamen Basket Internal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Ketua Panitia Turnamen Basket, Bapak Rahmady Effendy Hutahaean, Direktur Fasilitas dan Teknis Cukai, Bapak Marisi Zainuddin Sihotang, dan pejabat lainnya. Setelah itu, babak penyisihan dilanjutkan kembali. Babak Penyisian dihari kedua terdiri atas 7 pertandingan. Babak penyisian berakhiri dengan pertandingan Tim Kantor Wilayah Bea dan Cukai Bali melawan Kantor Wilayah Bea dan Cukai Riau Sumatera Barat.

Pada hari ketiga, setelah melewati babak penyisian, pertandingan menyisakan empat tim yang lolos babak semi final. Tim Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok, Tim Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jakarta, Tim Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Timur, dan Tim Kantor Wilayah Bea dan Cukai Bali. Pertandingan semi final pertama mempertemukan Tim Kantor Wilayah Bea dan  Cukai Jakarta dengan Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Timur. Pertandingan ini dimenangkan oleh Tim Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Timur dengan skor 46-18. Pertandingan semi final kedua mempertemukan Tim Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok dengan Tim Kantor Wilayah Bea dan Cukai Bali. Pertandingan Tersebut dimenangkan oleh Kantor Wilayah Bea dan Cukai Bali dengan skor 42-37. Dengan hasil tersebut, Tim Kantor Wilayah Bea dan Cukai Bali bertemu dengan Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Timur dipertandingan final.Untitled-2Disela-sela pertandingan semi final, dilaksanakan pertandingan eksibisi yaitu pertandingan antar pejabat bea dan cukai yang terbagi menjadi dua tim, Tim Bea dan Tim Cukai. Pertandingan ini dimenangkan oleh Tim Bea. Selain itu, dilaksanakan juga coaching clinic yang dapat diikuti oleh semua pemain dan panitia. Selanjutnya setelah coaching clinic, semua pemain dapat mengikuti three point contest. Pemenang dari three point contest mendapatkan hadiah sebuah kamera. Selain itu untuk menambah kemeriahan turnamen basket, terdapat game memasukkan bola dari tengah lapangan yang dapat diikuti oleh semua orang yang ada didalam stadion Hi-Test. Orang Pertama yang memasukan bola dari tengah lapangan yang menjadi pemenangnya. Hadiah dari game ini adalah sebuah smartphone. Turnamen basket semakin meriah dengan adanya cheer leader dari SMA Negeri 3 Batam.

Pertandingan final antara Tim Kantor Wilayah Bea dan Cukai Bali melawan Tim Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Timur dimulai pukul 15.00 WIB. Kedua tim mengeluarkan kemampuan terbaiknya sehingga pertandingan berlangsung sangat menegangkan. Dalam pertandingan ini terdapat pemain dari Tim Kantor Wilayah Bea dan Cukai yang mengalami cidera. Pertandingan final berakhir dengan Tim Kantor Wilayah Bea dan Cukai Bali sebagai juara Turnamen Basket Internal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Turnamen Basket Internal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai ditutup oleh Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, Bapak Nugroho Wahyu Widodo.

WhatsApp chat