Tinjau Proses Bisnis Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kepala Kantor Bea Cukai Batam Kunjungi Batam Aero Technic & Nongsa Digital Park

Batam (01/09) – Kepala Bea Cukai Batam beserta jajaran pejabat melakukan kunjungan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Batam Aero Technic dan Nongsa Digital Park pada Rabu, 1 September 2021. Kunjungan bertajuk Customs Visits Customer (CVC) tersebut dilakukan dalam rangka meninjau proses bisnis serta layanan kepabeanan yang diberikan.

Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Ambang Priyonggo, dalam sambutannya saat mengunjungi Batam Aero Technic menyampaikan,

“Tujuan kedatangan kami ini salah satunya adalah, kami ingin menginventarisir apa-apa saja yang menjadi kebutuhan perusahaan Bapak sekalian, dan kami akan berusaha menindaklanjuti dengan solusi maupun terobosan yang sesuai dengan domain kami, dan jika di luar domain kami pun akan kami bantu untuk dieskalasi.” jelasnya.

Batam Aero Technic merupakan KEK Industri yang kegiatannya meliputi maintenance, repair, and overhaul (MRO) pesawat penumpang. KEK Batam Aero Technic dengan lahan seluas 30 ha memiliki target investasi sebesar Rp7,2 triliun dan penciptaan lapangan pekerjaan untuk 9.976 tenaga kerja.

Sementara itu, KEK Nongsa Digital Park dengan lahan seluas 166.45 ha memiliki target investasi sebesar Rp16 triliun dan penciptaan lapangan pekerjaan untuk 16.500 tenaga kerja. KEK ini merupakan KEK Pariwisatan yang akan dikembangkan untuk kegiatan berbasis IT-digital dan pariwisata. KEK ini juga menjadi lokasi pembelajaran atau pelatihan di bidang IT, salah satunya adalah pelatihan di Apple Academy milik perusahaan teknologi multinasional Apple.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Bidang PFPC I M. Solafudin, Kepala Bidang Kepatuhan Internal Paulus H. Pangaribuan, Kepala Bidang BKLI M. Rizki Baidillah, dan jajaran pejabat Eselon IV Bea Cukai Batam.