Tingkatkan Pelayanan di Mal Pelayanan Publik, Bea Cukai Batam Hadiri Pertemuan dengan BP Batam

Batam (12/01) Bea Cukai Batam menghadiri undangan BP Batam yang berkonsep coffee morning di Gedung Marketing Center BP Batam pada Kamis (07/01). Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendukung peningkatan pelayanan terpadu dan peningkatan iklim ivestasi Kota Batam.

Zulfikar Islami selaku Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan hadir sebagai perwakilan Bea Cukai Batam pada kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Harlas Buana selaku Direktur Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Modal.

Dalam kesempatan tersebut, Zulfikar Islami menegaskan komitmen Bea dan Cukai dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

“Pelayanan publik oleh Bea dan Cukai di Mall pelayanan tidak hanya berupa edukasi dan penyuluhan namun juga asistensi atas produk-produk layanan kepabeanan dan cukai,” ujar Zulfikar.

Bea Cukai Batam telah mengembangkan aplikasi online yang bernama ION Beta. Hal ini merupakan suatu upaya peningkatan pelayanan yang dilakukan secara online. Terlebih dalam situasi pandemi, mengurangi pertemuan tatap muka menjadi penting agar dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19.

“Selain itu juga, Bea Cukai Batam telah mengembangkan aplikasi yang berbasis android, bernama Biola. Aplikasi tersebut dapat menjadi sumber informasi kepabeanan dan cukai bagi para pengguna jasa,” tambah Zulfikar.

Diharapkan kegiatan ini dapat mengevaluasi kualitas pelayanan sehingga dapat  mendorong pertumbuhan dan peningkatan iklim investasi dan lebih lanjut dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional.