Tingkatkan Pelayanan dan Pengawasan, Bea Cukai Batam Review Proses Bisnis Barang Kiriman

Batam (09/10/2020) –  Volume barang kiriman yang semakin meningkat mendorong Bea Cukai Batam untuk terus memberikan pelayanan yang prima. Bea Cukai Batam terus berupaya memberikan pelayanan dan pengawasan yang baik dalam proses pemasukan dan pengeluaran barang kiriman. Upaya tersebut diwujudkan dengan dilakukannya rapat review proses bisnis barang kiriman.

Bertempat di Ruang Rapat Batam, pada hari Kamis (08/10), rapat berfokus untuk mengkaji tantangan yang dihadapi dalam proses bisnis barang kiriman. Dwi Jogyastara, selaku Kepala Bidang Pelayanan dan Fasilitas Pabean dan Cukai II, memaparkan alur proses bisnis barang kiriman di TPS dan warehouse dan tantangan yang dihadapi.

Dalam mengatasi tantangan yang dihadapi, diperlukan sinergi dan kerja sama yang baik dari Bidang Pelayanan dan Fasilitas Pabean dan Cukai dan Bidang Penindakan dan Penyidikan selaku bidang yang memiliki tusi melakukan pelayanan dan pengawasan. Peningkatan kompetensi pegawai dan diadakannya sharing session juga menjadi solusi untuk meningkatkan pelayanan dan pengawasan.

Barang transit juga menjadi perhatian dalam rapat kali ini. Mengingat banyaknya modus pelanggaran yang mungkin dilakukan dalam proses pemasukan dan pengeluaran barang transit. Bea Cukai Batam terus berupaya memberikan pelayanan prima dan pengawasan yang optimal dalam proses pemasukan dan pengeluaran barang kiriman.