Tingkatkan Kualitas Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Publik, Bea Cukai Batam dan Ombudsman Jalin Komitmen Bersama

Batam (21/10/2020) – Bertempat di Hotel Harris Batam Center, Bea Cukai Batam menghadiri undangan kegiatan Loka Karya Pembentukan Narahubung Pengaduan Masyarakat pada hari Rabu (21/10/2020). Acara ini dihadiri oleh Ozy Diva Ersya selaku Kepala Seksi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas. Kegiatan ini merupakan inisiatif Ombudsman untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan mempercepat penyelesaian pengaduan masyarakat kepada penyelenggara pelayanan publik.

Kepala Perwakilan Ombudsaman Kepulauan Riau, Lagat Parroha menyampaikan pesan pembuka bahwa sebagai penyelenggara pelayanan publik, baik pemerintahan atau swasta untuk tidak memandang negatif setiap laporan pengaduan karena itu artinya masyarakat peduli terhadap kualitas pelayanan yang diberikan sehingga memberikan kritik dan masukan.

“Tugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tidak jauh dengan kritik dan masukan, oleh karena itu sebagai penyelenggara pelayanan publik jangan melihat itu sebagai stigma yang buruk justru itu suatu yang positif karena masyarakat peduli dengan kinerja yang diberikan,” ucap Lagat.

Pada acara tersebut Bea Cukai Batam berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan penyelesaian pengaduan masyarakat. Hal ini dilakukan secara simbolis melalui penandatanganan piagam komitmen bersama pengelolaan pengaduan pelayanan publik.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan dapat menyelesaikan setiap laporan pengaduan yang masuk ke setiap unit penyelenggara pelayanan publik.