Tingkatkan Kepercayaan Publik, Direktur Penerimaan dan Perencanaan Strategis Tekankan Penguatan Integritas dan Perbaikan Proses Bisnis

Acara Townhall Meeting DJBC

Batam (18/11) – Direktur Penerimaan dan Perencanaan Strategis, Mohammad Aflah Farobi meyampaikan bahwa Direktorat Jenderal Bea dan Cukai terus berbenah melalui Program Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai (PRKC) berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan efektifitas organisasi dalam menjawab harapan masyarakat serta mendukung pembangunan nasional. Hal tersebut disampaikan pada Townhall Meeting DJBC pada Selasa, 16 November 2021 yang dilakukan secara daring.

“PRKC berkelanjutan merupakan manajemen perubahan terus menerus di Bea Cukai yang berbasis pada penguatan integritas dan perbaikan proses bisnis dengan tujuan peningkatan kinera, kredibilitas organisasi, dan kepercayaan publik,” kata Aflah.

PRKC berkelanjutan merupakan program Bea Cukai yang berfokus pada 4 inisiasi strategis, yakni penguatan integritas dan kelembagaan, penguatan pelayanan dan pemeriksaan, penguatan penindakan dan pencegahan pelanggaran, dan peningkatan penerimaan negara dan dukungan ekonomi.

Integritas sudah lama menjadi isu di Indonesia, oleh karena itu, DJBC berkomitmen untuk memperkuat hal ini tidak hanya di Bea Cukai Pusat, namun juga di seluruh kantor vertikal Bea Cukai seluruh Indonesia.

Bea Cukai Batam sendiri, telah melakukan berbagai program diantaranya melakukan pemetaan dan pemantauan titik rawan integritas melalui gerakan sadar sistem pengendalian internal.

“Banyak yang sudah kami lakukan untuk memperkuat integritas kami di Bea Cukai Batam, salah satunya sistem pengaduan yang dibuat oleh kantor kami sendiri melalui aplikasi BIOLA yang dapat diakses oleh masyarakat umum,” tutur Undani, Agen Duta Transformasi Bea Cukai Batam.

Dengan adanya PRKC berkelanjutan dan dibentuknya Agen Penyuluh Integritas, diharapkan Bea Cukai Batam mampu menjadi kantor vertikal yang melaksanakan pekerjaan berlandaskan integritas sehingga dapat terbentuk kepercayaan publik yang baik.

Baca juga :

Upaya Perkuat Integritas dan Tingkatkan Proses Bisnis, Bea Cukai Lakukan Program Reformasi Berkelanjutan