Tingkatkan Kepercayaan Pengguna Jasa, Bea Cukai Batam Adakan Pelatihan SLA

Batam (21/10) – Sebagai upaya peningkatan pelayanan dan kepercayaan stakeholder, Bea Cukai Batam menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan Service Level Agreement (SLA) pada hari Selasa lalu (20/10). Untuk membangun kepercayaan stakeholder, SLA menjadi sebuah hal yang patut dipertimbangkan untuk mengedepankan pelayanan yang prima.

SLA dapat diartikan sebagai suatu kontrak antara pegawai dengan institusinya untuk dapat memberikan tingkat layanan standar sebagai petugas front liner dalam memberikan pelayanan bidang kepabeanan dan cukai kepada semua stakeholder.

Sosialisasi tersebut dibuka dengan mendengarkan kata sambutan dari Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Paulus Hatigoran Pangaribuan, kepada para peserta sosialisasi yang bertempat di Aula Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam.

“Acara ini adalah sebuah proyek dan keinginan kita semua agar rekan-rekan yang berada di front liner dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada para stakeholder  tanpa melupakan sisi pengawasan yang seharusnya” sambut Paulus.

Dalam pelatihan ini, disampaikan materi mengenai etika bekerja dan standar pelayanan di kantor Bea Cukai, di antaranya yaitu tata cara menyambut tamu, etika penampilan dan berpakaian, berkomunikasi yang baik, serta bagaimana dalam bersikap dan menyampaikan informasi.

“Memberikan kesan pertama kepada stakeholder adalah hal yang sangat penting dalam memberikan pelayanan. Untuk itu, gunakan teori 210 dalam melaksanakannya, 2 meter untuk jarak tatap dengan pengguna jasa, 1 meter untuk jarak sapa dengan senyum, dan 0 meter untuk menyentuh hati dengan kata yang menyenangkan,” papar Undani, Kepala Seksi Layanan Informasi, selaku pemateri dalam pelatihanini.

Dengan diselenggarakannya acara ini, diharapkan para pegawai milineal KPU Bea Cukai Batam yang menjadi peserta pelatihan SLA dapat menjadi agen perubahan untuk meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pengguna jasa.

“Pelayanan yang baik dimulai dari hati. Tumbuhkan empati dan keinginan membantu. Dengan motto yang baik, kita dapat bersama-sama maju untuk yang lebih baik dan makin baik.” ucap Hembrand Dita Adinugraha, Kepala Seksi Fasilitas Pabean dan Cukai, sebagai pemateri kedua dalam pelatihan tersebut.