Terus Matangkan Batam Logistic Ecosystem, Bea Cukai Batam Lakukan Uji Coba Auto Gate System

Batam (19/2) – Masalah logistik di Kota Batam merupakan salah satu faktor penentu daya kompetisi dan tingkat perekonomian masyarakat. Sadar akan hal tersebut, Bea Cukai Batam memberikan dukungan penuh terhadap upaya perbaikan sarana pelabuhan dan memperkuat kerja sama dengan institusi terkait pergerakan logistik di Batam. Salah satunya dengan pengembangan Batam Logistic Ecosystem (BLE).

Bea Cukai Batam yang tengah serius membangun platform BLE pagi ini Jumat, (19/2) melakukan kunjungan lapangan sekaligus uji coba auto gate system yang telah dipasang. Pihak yang terlibat dalam kunjungan kali ini antara lain Tim Piloting BLE Bea Cukai Batam dan Badan Usaha Pelabuhan BP Batam.

“Hari ini kita akan melakukan uji coba sistem auto gate serta sarana pendukung lainnya seperti ruangan kerja para instansi terkait dan lokasi pemeriksaan barang oleh Bea Cukai nantinya,” kata Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, Susila Brata.

Kondisi saat ini di Pelabuhan Batu Ampar, terdapat tiga ruas jalan di Pelabuhan Batu Ampar. Satu ruas pintu masuk ke arah Terminal Batu Ampar yang saat ini dipergunakan untuk keperluan lain-lain, seperti untuk akses keluar masuk pegawai Bea Cukai, BP Batam, Karantina, Penumpang PELNI dan pemangku kepentingan lainnya.

Ada juga jalan utama berupa satu ruas pintu masuk sebagai Gate In ke Pelabuhan Batu Ampar dan satu ruas pintu yang memiliki lebar dua ruas jalan sebagai Gate Out dari Pelabuhan Batu Ampar. Pada kedua Gate tersebut telah dipasang palang otomatis yang akan memudahkan para pengendara sarana pengangkut darat.

Hanya saja saat ini, proses Gate In dan Gate Out masih dilakukan secara manual oleh Petugas Bea Cukai. Hal ini dikarenakan belum diadakannya sosialisasi kepada pihak perusahaan bongkar muat yang ada di Batam. Nantinya sosialisasi akan diadakan oleh Badan Usaha Pelabuhan BP Batam sekaligus melakukan input data perusahaan bongkar muat ke dalam Kartu Tapping.

“Sudah bagus seperti ini, tinggal ditempelkan bisa langsung masuk. Sudah modern, keren,” ucap Yusuf, salah seorang supir truk yang hendak masuk ke Pelabuhan Batu Ampar.

Bea Cukai Batam akan terus mengembangkan segala hal yang berkaitan dengan BLE. Mulai dari sarana pelabuhan, sistem otomasi, kerja sama antar instansi, dan kerja sama dengan agen-agen terkait sistem informasi dan teknologi, perbankan, dan trucking hingga BLE mampu berjalan secara optimal.