Terima Kunjungan Bea Cukai Batam, Pemred Batam Pos: Bea Cukai Adalah Institusi Vital Di Batam

Batam, (22/09/2020). Pemimpin Redaksi Batam Pos Muhammad Iqbal menyampaikan bahwa Bea Cukai merupakan sebuah institusi pemerintahan yang sangat vital di Batam, karena Batam merupakan kota perdagangan dan industri, ditambah dengan status Batam sebagai Free Trade Zone.

“Kalau kita lihat, Bea Cukai ini cukup berperan di Batam. Kegiatan perdagangan di situ ada peran Bea Cukai, sehingga Bea Cukai ini berpengaruh dalam kegiatan perekonomian di Batam,” ucap Iqbal.

Masih menurut Iqbal dibutuhkan peran serta humas di Bea Cukai Batam, karena humaslah yang akan menyampaikan kepada masyarakat terkait program kerja, peraturan baru, prestasi, ataupun hal lainnya. Hal tersebut ia sampaikan dalam kesempatan kunjungan yang dilakukan oleh Bea Cukai Batam ke Batam Pos pada Selasa (22/09/2020).

“Saya paham bagaimana kondisi di lapangan. Bea Cukai butuh peran media. Juga Bea Cukai kami tau memang harus selektif. Namun perlu, Bea Cukai membuka diri kepada media yang identitasnya jelas. Media mainstream yang terdaftar di Dewan Pers,” ujar Iqbal.

Menanggapi Iqbal, Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi M. Rizki Baidillah menyampaikan bahwa media massa memiliki peran penting dalam meneruskan pemberitaan yang berkaitan dengan kinerja institusi pemerintahan seperti Bea Cukai.

“Kami mohon kerjasama dari Bapak dan Ibu sekalian. Kami masih berusaha membangun kehumasan kami. Kita berusaha untuk tingkatkan terus segala hal di kami. Semoga perubahan ini bisa baik untuk masyarakat,” ucap Rizki.

Senada dengan Rizki, Undani selaku Kepala Seksi Layanan Informasi menyampaikan bahwa ke depan butuh kerjasama di bidang pelatihan jurnalistik dengan melibatkan pihak Batam Pos sebagai narasumbernya.

“Kami sudah pernah membahas di internal, ke depan kita butuh pelatihan jurnalistik untuk meningkatkan kualitas pemberitaan. Narasumber bisa dari Batam Pos untuk pelatihannya,” kata Undani.

Kunjungan ini dilakukan oleh Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi M. Rizki Baidillah bersama Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan Zulfikar Islami dan Kepala Seksi Layanan Informasi Undani. Kunjungan dilakukan dalam rangka mempererat hubungan antara Bea Cukai Batam dan Media Massa Batam Pos.