Tegaskan Kesiapsiagaan di Penghujung Tahun 2020, Bea Cukai Batam Bersinergi Dalam Mengelola APBN

Batam (06/12) – Bea Cukai Batam bersama satuan kerja Kementerian Keuangan Republik Indonesia di Kepulauan Riau serentak laksanakan Apel Sinergi Pengawasan, Pencapaian, dan Pengelolaan Penerimaan Negara di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kepulauan Riau, Tanjung Balai Karimun pada Jumat (04/12).

Apel ini merupakan bentuk sinergi satuan kerja Kementerian Keuangan di Kepulauan Riau dalam menegaskan kesiapsiagaannya di penghujung tahun 2020. Satuan kerja Kementerian Keuangan di Kepulauan Riau berkomitmen akan mengoptimalkan penerimaan negara hingga pergantian tahun anggaran.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Khusus Kepulauan Riau, Agus Yulianto selaku pembina apel mengatakan bahwa setiap satuan kerja memiliki peran dan fungsi masing-masing untuk mencapai target tahunan. Sinergi yang dibentuk oleh satuan kerja Kementerian Keuanagan di Kepulauan Riau akan sangat memudahkan proses pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan di Kepulauan Riau atas kesiapsiagaan kita dalam mengawal APBN hingga akhir tahun 2020. Tidak ada kata istirahat di penghujung tahun 2020, melainkan kita harus terus mengoptimalkan setiap penerimaan hingga sampai ke garis finish,” ucap Agus.

Agus juga menegaskan bahwa setiap satuan kerja Kementerian Keuangan di Kepulauan Riau memiliki peran dan kelebihannya sendiri dalam mengumpulkan capaian penerimaan. Setiap satuan kerja juga diharapkan mampu mengelola anggaran yang tersedia untuk melakukan kegiatan operasioanl di masa pandemi COVID-19.

Satuan kerja Kementerian Keuangan di Kepulauan Riau optimis bisa membuktikan tetap bekerja secapa optimal meski berada di masa pandemi, Di saat banyak keraguan dari masyarakat terhadap kondisi perekonomian negara, sinergi yang dibangun oleh satuan kerja di Kepualauan Riau akan mengoptimalkan pengelolaan keuangan hingga kondisi perekonomian bisa pulih kembali.

Peserta apel terdiri dari pegawai di lingkungan Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Khusus Kepulauan Riau, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kepualauan Riau, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepualauan Riau, Kantor Pelayanan Kekayaan dan Lelang Batam, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tanjung Balai Karimun, Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai Tanjung Balai Karimun dan Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai Batam.

“Kehadiran kita di sini sangat mencerminkan komitmen dan ketegasan kita dalam bersinergi mengelola keuangan negara. Dengan mematuhi segala protokol kesehatan yang ada, mari kita jalankan tugas dan kewajiban kita hingga bisa memberikan hasil yang gemilang. Semoga kita tutup akhir tahun 2020 dengan capaian kinerja yang luar biasa,” tutup Agus.