+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

Rabu, 13 April 2016 Tim dari Direktorat Cukai Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mengadakan Sosialisasi Sistem Aplikasi Cukai Sentralisasi (SAC-S) yang bertempat di Aula Lantai III Kantor Pelayanan Utama Bea dan  Cukai Tipe B Batam.  Acara ini dihadiri oleh  pemegang NPPBKC Pabrik, Importir, dan Penyalur (EA,MMEA,HT) dan pegawai dari KPU BC Batam. Acara ini dibuka oleh Bapak Niko Budhi Darma selaku Kepala Bidang Kepatuhan Internal yang mewakili Kepala Kantor, dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi oleh Bapak Tommy Hutomo selaku Kepala Seksi Cukai Hasil Tembakau I Direktorat Cukai.

sacs 1Sistem Aplikasi Cukai Sentralisasi (SAC-S) merupakan program aplikasi terbaru yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bagi para pengguna jasa di bidang cukai yang bertujuan untuk memudahkan transaksi pemesanan pita cukai (P3C), penyediaan pita cukai (CK-1/1A), sistem pelaporan hasil produksi cukai (CK-4) dan pelindung dokumen pengangkutan cukai (CK-5/CK-6) secara online yang diharapkan dapat terlaksananya pelayanan cukai yang cepat, akurat, efisien, dan terintegrasi secara nasional.

IMG_7138Setelah pemaparan materi oleh Tim dari Direktorat Cukai terdapat respon dan pertanyaan dari para peserta sosialisasi yang menjadikan kegiatan sosialisasi ini interaktif. Beberapa Pengusaha Pabrik, Importir, dan Penyalur BKC ditunjuk sebagai peserta uji coba untuk dilatih mengaplikasikan SAC-S secara langsung berupa pelaporan CK-1A online, CK1-B online, CK-4 online, CK-5 online, dan lain-lain, agar dalam pelaksanaannya Pengusaha Pabrik BKC tidak mengalami kendala dan dapat menerapkannya dengan baik.

sacs 2Tahap uji coba penyampaian dokumen cukai secara online tersebut didahului dengan penandatanganan  Trading Partner Agreement (TPA) oleh Kepala Kantor dan peserta uji coba. Diharapkan dari sosialisasi ini, para pengguna jasa di bidang cukai dapat memahami dan untuk selanjutnya menerapkan aplikasi SAC-S dalam pengurusan dokumen cukai di KPU BC Batam.

WhatsApp chat