+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

Batam – Bertempat di Aula lantai III Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe B Batam, Selasa (29/03/2016), KPU Bea dan Cukai Batam bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengadakan sosialisasi Peraturan Menteri Perdagangan No. 97/M-DAG/PER/11/2015 tentang Ketentuan Impor Produk Kehutanan.

IMG_6281-tils

Sosialisasi ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman kepada pengguna jasa terhadap prosedur dan syarat-syarat pelaksanaan Impor Produk Kehutanan. Bapak Dr. Ir. Rufi’i M. Sc selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hutan dari Kementerian Lingkungan hidup menjelaskan Latar Belakang Pengaturan Impor Produk Kehutanan yaitu:

  1. Adanya trend peningkatan impor produk kehutanan dari periode 2007 – 2013 sebesar 14,41%, dengan trend terbesar untuk impor kerajinan kayu sebesar 30,03%;
  2. Adanya indikasi praktik “pencucian kayu” dimana bahan baku industri kehutanan yang berasal dari kayu impor diperoleh secara ilegal dari Indonesia;
  3. Mendukung Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) yang telah dilakukan oleh Kementerian Kehutanan sesuai Perjanjian Forest Law Enforcement Governance and Trade-Voluntary Partnership Agreement (FLEGT-VPA) antara Indonesia dan Uni Eropa.
  4. Surat Menteri Kehutanan kepada Menteri Perdagangan Nomor S.93/Menhut-VI/2013 tertanggal 7 Januari 2013 tentang Rencana Pengaturan Impor Kayu.

IMG_6321-tilesPerkembangannya saat ini yaitu pengembangan sistem online untuk dapat menerima permohonan Persetujuan Impor Produk Kehutanan untuk keperluan penelitian, contoh dan pameran. Menghilangkan debirokratisasi proses permohonan Persetujuan Impor Produk Kehutanan sehingga  mempersingkat waktu pemrosesan lalu proses permohonan perubahan Persetujuan Impor Produk Kehutanan, dengan cara pemotongan volume secara otomatis sesuai laporan realisasi importir sebagaimana tercantum dalam rekomendasi.

IMG_6351-tiles

Setelah penyampaian materi selesai, maka dibuka sesi tanya jawab oleh moderator. Peserta terlihat sangat antusias dalam bertanya dikarenakan penetapan peraturan baru oleh Kementerian Perdagangan ini menjadi hal baru bagi para peserta yang notabene pengguna jasa dalam bidang ekspor impor. Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata dari KPU Bea dan Cukai Batam.

IMG_6274-tile

Bagi pengguna jasa yang menginginkan materi sosialisasi dapat mengunduhnya di website ini.

WhatsApp chat