+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

Pada hari Kamis, 10 September 2015, pada pukul 09.00 WIB berbekal pemberitahuan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai, KPU BC Batam menyelenggarakan Sosialisasi Pelayanan PPFTZ-03 dengan Media Penyimpan Data Elektronik kepada pengguna jasa kepabeanan dan cukai di Lingkungan KPU BC Batam. Acara tersebut disambut dengan saat antusias oleh pengguna jasa, antusiasme dapat dilihat dari pengguna jasa yang hadir memenuhi ruangan Aula Lantai 2 KPU BC Batam. Mengingat akan pentingnya pengimplementasian modul PPFTZ-03, pengguna jasa yang hadir melebihi target dari undangan yang disebar serta turut hadir perwakilan dari KPP Pratama Batam.

IMG_7120

Di awal acara, Herik Swanto selaku pelaksana di Seksi Layanan Informasi, membuka acara dan menyampaikan susunan acara. Setelah itu, Kepala Kantor KPU BC Batam, Nugroho Wahyu Widodo memberikan sambutan dan rasa terima kasihnya kepada para undangan yang telah hadir dan memberikan apresiasi kepada 5 pengguna jasa yang datang tepat waktu. Pemaparan materi dan praktek dipandu langsung oleh Kepala Seksi Otomasi Sistem Dan Prosedur Cukai dari Direktorat Informasi Kepabeanan Dan Cukai, Sigit Santosa.

IMG_7106

PPFTZ-03 adalah dokumen Pabean yang dibuat oleh pengusaha yang memasukkan barang asal tempat lain dalam Daerah Pabean ke Kawasan bebas yang mana menyangkut pemberian fasilitas PPN tidak dipungut, pengawasan dan pengadministrasiannya dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Materi sosialisasi difokuskan difokuskan pada  mekanisme Penyampaian Pemberitahuan Pabean melalui Media Penyimpan Data Elektronik. Adapun keuntungan penggunaan sistem adalah sebagai berikut:

  1. Pengisian dokumen oleh perusahaan lebih mudah, valid, lengkap dan menggunakan kode-kode standar nasional/internasional ;
  2. Perusahaan memiliki data dalam bentuk softcopy maupun hardcopy ;
  3. Tidak adanya entry ulang oleh petugas KPU BC dan KPP, sehingga proses penerimaan dan penelitian data di KPU BC dan KPP akan lebih cepat karena telah tersedia data softcopy ;
  4. Data untuk keperluan statistik akan lebih mudah diperoleh.IMG_7121

Pengguna jasa yang hendak mengajukan pengurusan dokumen PPFTZ-03 secara media penyimpan data elektronik tersebut harus memiliki file paket installer modul PPFTZ-03 dan kode aktivasi yang didapatkan dengan mengajukan Surat Permohonan Modul PPFTZ-03 kepada Kepala KPU BC Batam dengan melampirkan Photocopy NPWP dan Photocopy Izin Usaha dari Badan Pengusahaan Kawasan bagi Pengusaha, sebagai tambahan untuk dapat melampirkan Photocopy Surat Keputusan NPPPJK apabila yang bersangkutan adalah PPJK.

Diharapkan dengan adanya Sosialisasi ini, dapat mempermudah baik pengguna jasa dalam pengisian ataupun pembuatan dokumen PPFTZ-03 secara media elektronik maupun petugas KPU BC dan KPP dalam hal penelitian data.

WhatsApp chat