Sosialisasi Modul Aplikasi PPFTZ-03 Tahap II

Rabu, 21 Oktober 2015 bertempat di Aula Lantai 3 Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe B Batam dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Modul Aplikasi PPFTZ-03 Tahap II. Aplikasi PPFTZ-03 ini rencananya mulai di-mandatory di KPU Batam mulai tanggal 1 November 2015 menggantikan pelayanan yang sebelumnya masih manual. Sosialisasi tahap II ini diadakan untuk memenuhi antusiasme pengguna jasa yang pada Sosialisasi Tahap I tidak tertampung sebagai peserta. Disamping itu kesempatan ini juga dimaksudkan untuk mensosialisasikan perbaikan yang telah dilakukan sebagai penyempurnaan yang berkelanjutan serta mendengarkan masukan dari pengguna jasa untuk sistem aplikasi PPFTZ-03 yang baru diperkenalkan pada 10 September 2015.

Modul Aplikasi PPFTZ-03 merupakan buah sinergi antara KPU BC Batam, Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai, serta Direktorat Jenderal Pajak yang penyusunannya melibatkan masukan dari seluruh stakeholder di Kawasan Bebas Bata, termasuk Badan Pengusahaan Batam. Banyaknya pengguna jasa PPFTZ-03 dan besarnya potensi keuangan negara dari fasilitas PPFTZ-03 menjadikan pelayanan dengan aplikasi PPFTZ-03 ini sebagai landmark untuk pelayanan lainnya di KPU BC Batam.

ftz 1

Acara dibuka oleh Kepala Kantor KPU Bea dan Cukai Batam yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Kunto Prasti Trenggono selaku Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi. Beliau menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada para undangan yang telah hadir seraya menyampaikan perkembangan terakhir dari pelaksanaan aplikasi PPFTZ-03. Khusus kepada 5 perusahaan/pengguna jasa yang telah menggunakan aplikasi PPFTZ-03 diberikan apresiasi sebagai pengakuan atas partisipasi dan kontribusi dalam pengembangan aplikasi PPFTZ-03.

ftz 2

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor juga menyampaikan himbauan agar pengguna jasa mulai menggunakan aplikasi PPFTZ-03 pada saat mengajukan pengurusan dokumen PPFTZ-03, baik di KPU Batam maupun di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Batam. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi. Materi pertama yaitu mengenai pengenalan aplikasi disampaikan oleh Alvian Damar Kusuma dari SubBagian Dukungan Teknis. Dilanjutkan dengan materi II mengenai cara pengisian aplikasi yang dipandu langsung oleh Denis Evan Prima dari Bidang Pelayanan dan Fasilitas Kepabeanan dan Cukai.

ftz 3

Setelah penyampaian materi acara selanjutnya adalah tanya jawab. Para pengguna jasa terlihat sangat antusias dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Beberapa perwakilan dari Kantor Pelayanan Pajak Madya Batam pun turut hadir dalam acara tersebut dan membantu menjawab beberapa pertanyaan dari para pengguna jasa. Acara diakhiri dengan pemberian bingkisan kepada 5 peserta yang datang lebih awal sebagai apresiasi atas antusiasme dan keseriusan mereka mengikuti acara ini.