+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

Nongsa, Batam- Bertempat di PT Nongsa Point Marina, Selasa (19/12/2015), KPU Bea Cukai Tipe B Batam Melaksanakan Sosialisasi Impor Sementara Kapal Wisata Asing. Sosialisasi ini dilaksanakan sehubungan dengan telah diterapkannya Peraturan Menteri Keuangan No. 261/PMK.04/2015 tentang Impor Sementara Kapal Wisata Asing.

Sosialisasi ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman terhadap prosedur, syarat-syarat pelaksanaan Impor Sementara Kapal Wisata Asing dan cara penggunaan Aplikasi Yacht.

Foto Ke Website 1Sosialisasi ini dihadiri oleh jajaran manajemen PT Nongsa Point Marina dan Kepala Kantor Bea Cukai Batam yang diwakili oleh Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi, Kunto Prasti Trenggono selaku Pelaksana Harian Kepala Kantor beserta jajarannya.

Dalam sambutannya Kunto Prasti Trenggono menyampaikan bahwa pemerintah ingin memberikan kemudahan dalam rangka meningkatkan pariwisata, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pun ingin memberikan fasilitas dan kemudahan yaitu dengan menggunakan aplikasi ini cukup dengan menyerahkan jaminan tertulis dari pemilik kapal atau nahkoda, dan tidak perlu lagi memberikan jaminan tunai dalam pelaksanaan Impor Sementara Kapal Wisata Asing.

Untuk mempermudah dan mempercepat pelayanannya KPU Bea dan Cukai Batam telah membuat aplikasi berbasis internet yang sudah mendapatkan persetujuan dari Kantor Pusat DJBC untuk diujicobakan di Batam. Aplikasi ini bernama Aplikasi Yacht. Aplikasi ini dapat dengan mudah diakses melalui website KPU Bea dan Cukai Batam, arahkan pointer atau kursor ke menu Layanan kemudian pilih Aplikasi Yacht.

“Setelah aplikasi ini diuji dan disetujui oleh  Kantor Pusat DJBC, Batam dijadikan sebagai pusat dan awal percobaan, semoga Batam menjadi percontohan bagi seluruh kantor-kantor Bea Cukai se-Indonesia yang nantinya juga akan menerapkan Aplikasi ini. Kami meminta bantuan, kerja sama dan masukan demi kelancaran berjalannya sistem aplikasi ini” ungkap Kunto Prasti Tronggono dalam sambutannya.

Ke Website 2

Tanggapan pihak Nongsa Point Marina sangat positif dan mendukung atas diterapkannya aplikasi ini, mereka berharap semoga aplikasi ini dapat segera diimplementasi secara efektif.

Setelah sambutan dari kedua belah pihak acara dilanjutkan dengan presentasi PMK No. 261/PMK.04/2016 oleh Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan, Emi Ludiyanto. Dilanjutkan dengan penjelasan penggunaan Aplikasi Yacht oleh Kepala Seksi Penagihan dan Keberatan, Erwin Hariadi.

WhatsApp chat