Sosialisasi dan Diskusi tentang Kawasan Pabean

IMG_3379  IMG_3380

Pada hari Selasa, tanggal 24 Februari 2015 bertempat di Aula Lantai 3 Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam telah dilaksanakan acara Sosialisasi dan Diskusi tentang Kawasan Pabean. Para peserta yang hadir antara lain dari PT. Batamec, PT. McConnell Dowell, PT. Zinkpower Batamindo, dan PT. Citra Shipyard yang tergabung dalam anggota BSOA (Batam Shipyard Offshore Association). Acara  dibuka dengan sambutan oleh Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, Untung Basuki.

IMG_3412  IMG_3426

Narasumber pertama yaitu, Basuki Suryanto memaparkan tentang ketentuan umum, definisi, persyaratan, dan tata cara penetapan sebuah tempat menjadi Kawasan Pabean, sanksi atas pengeluaran barang impor yang belum mendapat persetujuan pengeluaran dari pejabat bea dan cukai, serta pencabutan sebuah Kawasan Pabean. Narasumber kedua yaitu, Emi Ludiyanto memaparkan tentang definisi, persyaratan dan tata cara penetapan sebuah tempat menjadi Tempat Penimbunan Sementara/TPS, kewajiban dan tanggung jawab pengusaha TPS. Kemudian, narasumber ketiga yaitu, Ahmad Zakky Mawardi memaparkan tentang mekanisme pembongkaran, penimbunan, dan pemuatan atas barang khususnya yang berada di Kawasan Bebas.

IMG_3419  IMG_3432

Selain untuk mensosialisasikan apa yang dimaksud Kawasan Pabean, Tempat Penimbunan Sementara, hingga mekanisme pembongkaran, penimbunan, dan pemuatan barang-barang ekspor atau impor, acara ini diselenggarakan untuk mempererat kerja sama dan silaturahmi dengan para pengguna jasa.

IMG_3439  IMG_3427

Setelah presentasi, acara dilanjutkan dengan diskusi antara narasumber dengan para peserta yang hadir. Di sela-sela menjawab pertanyaan dan masalah yang sering dihadapi dalam kepengurusan barang dan dokumen, KPU BC Batam berkesempatan untuk mendengarkan keluhan, masukan, saran, dan perbaikan pelayanan kepabeanan di Kawasan Pabean, terutama yang berada di bawah pengawasan KPU BC Batam. Para peserta sangat antusias hingga acara melewati perkiraan waktu yang ditetapkan. Acara ditutup pada pukul 11.45 WIB diakhiri dengan pengumpulan kuesioner yang telah dibagikan sebelumnya.