Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung (SIMPeL)

Batam, 9 September 2015 – Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe B Batam menjadi tuan rumah sekaligus peserta Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung (SIMPeL) di Lingkungan DJBC. Sosialisasi ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 9 dan 10 September 2015. Hari pertama diikuti 25 peserta dan hari kedua 16 peserta. Peserta sosialisasi antara lain dari Kantor Wilayah (Kanwil) BC Aceh, Kanwil BC Khusus Kepulauan Riau, KPU BC Tipe B Batam, Kanwil BC Riau dan Sumatra Barat, Kanwil BC Sumatera Bagian Selatan dan kantor-kantor satuan kerja di bawah kanwil tersebut.

simpel 1

Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung  yang disingkat menjadi SIMPeL, merupakan sistem yang dibangun untuk memfasilitasi proses pengadaan langsung secara elektronik dan mengelola database hasil pengadaan langsung, dalam rangka menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk penyusunan spending analysis, analisa standar biaya, laporan pelaksanaan pengadaan langsung, serta laporan manajerial lainnya sesuai kebutuhan dan ketentuan yang berlaku.

simpel 2

Pengembangan SIMPeL selaras dengan Program Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan tahun 2014-2015 pada salah satu dari delapan inisiatif Sekretariat Jenderal, yaitu inisiatif “Memperkuat Pengadaan dan Pengelolaan Aset”.

Dengan implementasi SIMPeL ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, kualitas pelaporan, serta pengawasan pengadaan langsung melalui pendayagunaan TIK. SIMPeL dapat diakses melalui www.simpel.lpse.kemenkeu.go.id.