Sinergi Bea Cukai Batam dan PT FedEx Express International dalam Percepatan Proses Logistik dengan Sistem TPS Online

Batam (07/10/2020) – Rizki Baidillah selaku Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi mengungkapkan bahwa Bea Cukai Batam akan mendukung dan senantiasa mengasistensi dalam pengajuan izin pendirian TPS. Dengan dengan janji layanan selama 10 hari, izin TPS dapat diberikan apabila semua dokumen persyaratan telah dilengkapi.

Hal tersebut disampaikan oleh Rizki pada audiensi dengan PT FedEx Express International di Ruang Rapat Galang pada hari Rabu (07/10). Audiensi kali ini membahas mengenai izin pendirian TPS oleh PT FedEx Express International guna mempercepat proses logistik.

Sistem TPS Online merupakan suatu sistem pertukaran data elektronik antara Kantor Pabean dengan TPS (Tempat Penimbunan Sementara) atas data yang berhubungan dengan pemasukan dan pengeluaran barang ke dan dari TPS. TPS yang telah mengaplikasikan sistem TPS Online dapat menerapkan auto gate system sehingga dapat melakukan pemasukan dan pengeluaran barang secara otomatis. Proses logistik tentunya akan mengalami percepatan dengan system yang telah terotomasi ini.

Alisa Yulima Siregar, selaku Operation Manager PT FedEx Express International di Batam, mengungkapkan bahwa sejak FedEx bergabung dengan TNT Express, volume pengiriman barang dalam satu tahun terakhir ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bersamaan dengan peningkatan volume pengiriman barang tersebut maka diperlukan perbaikan dalam proses logistik baik di lapangan maupun secara sistem. Pendirian TPS merupakan salah satu upaya yang akan dilakukan guna mempercepat pengiriman barang kepada pelanggan.

Untuk mengaplikasikan sistem TPS Online, Pengusaha Kawasan Pabean dan Pengusaha TPS mengembangkan aplikasi manajamen kargo yang nantinya akan disinkronkan dengan sistem yang sudah Bea Cukai miliki. Hery Rusdaman, Kepala Subbagian Dukungan Teknis, menyampaikan di Bea Cukai sudah tersedia Pedoman Integrasi Aplikasi (PIA) sebagai pedoman untuk mengintegrasikan sistem manajemen kargo dengan sistem TPS Online Bea Cukai.