PLB BBM Jadi Upaya Unggulan Pemulihan Ekonomi Nasional oleh Bea Cukai Batam, Ekspor Perdana Jadi Buktinya

Batam (12/12) – Pertamina bersama Bea Cukai Batam merayakan ekspor Low Sulphur Fuel Oil perdana dari Pusat Logistik Berikat Terminal BBM Pulau Sambu secara seremonial pada Jumat (11/12). PLB TBBM Pulau Sambu merupakan program unggulan Bea Cukai Batam dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Suksesnya ekspor perdana ini merupakan bukti atas dukungan dan asistensi yang Bea Cukai Batam berikan kepada Pertamina sejauh ini.

Bea Cukai Batam sebelumnya telah mengunjungi TBBM Pulau Sambu untuk memberikan bimbingan teknis sistem CEISA dan IT Inventory. Saat ini sistem CEISA dan IT Inventory Pertamina telah terintegrasi sehingga transaksi data untuk pelayanan kepabeanan dalam penjualan fuel oil perdana ini dapat berjalan dengan baik. Ke depannya  Bea Cukai Batam dan Pertamina akan terus memberikan dukungan demi kelancaran proses bisnis yang Pertamina lakukan.

CEO Freepoint Commodities Asia, Ouyang Xiuzhang, menyampaikan

“Terima kasih atas dukungan dari Kantor Bea Cukai, kita bisa dan harus menjadikan Terminal BBM Pulau Sambu menjadi Terminal BBM kelas dunia dalam waktu yang akan datang.”

Freepoint Commodities Pte. Ltd adalah sebuah perusahaan perdagangan komoditas internasional dan perusahaan investasi, yang bekerja sama dengan Pertamina untuk mengoptimalkan utilisasi Terminal BBM Pulau Sambu.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menyampaikan

“Semoga Peresmian PLB dan Penjualan Low Sulphur Fuel Oil Perdana ini dapat menjadikan TBBM Pulau Sambu menjadi international standard storage provider dan memperkuat misi pertamina untuk lebih memperluas jejaknya di global energy market.”

Ekspor perdana ini berjumlah sebanyak 1 TNE (metrik ton) low sulphur fuel oil dengan nilai devisa sebesar USD 1,357,740 atau setara dengan Rp 19,2 M. Fuel oil tersebut diangkut menggunakan kapal MT. New Navigator 3 dengan tujuan Singapura. Acara seremonial ekspor perdana ini dilakukan bersamaan dengan acara Peresmian Pusat Logistik Berikat Terminal BBM Pulau Sambu di hari yang sama.