Silaturahmi KADIN Batam dan Bea Cukai Batam, Upaya Tingkatkan Iklim Bisnis Di Kawasan Bebas Batam

Batam (26/08) – Bea Cukai Batam mendapat kunjungan dari asosiasi Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Batam pada Rabu, 25 Agustus 2021. Kunjungan kali ini dilakukan dalam rangka beraudiensi sekaligus bersilaturahmi dengan para pimpinan Bea Cukai Batam.

Kunjungan kali ini menjadi wadah bagi para pimpinan Bea Cukai Batam dan para pimpinan KADIN untuk saling bertukar informasi terkait proses bisnis sekaligus prosedur kepabeanan dan cukai guna meningkatkan iklim bisnis Kawasan Bebas Batam.

Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Ambang Priyonggo dalam sambutannya menyampaikan,

“Model kemitraan yang terus dikembangkan oleh Kementerian Keuangan khususnya dalam hal ini Bea Cukai salah satunya adalah dengan adanya partisipasi dari pelaku usaha dalam forum audiensi seperti ini, Pak. Kami harapkan ini dapat terus berlanjut agar sinergi antara sektor government dan business bisa terus terjaga.”

Salah satu topik yang dibahas yakni terkait pengembangan sarana dan prasarana yang ada di Kawasan Pabean, khususnya pelabuhan. Kapasitas rata-rata pelabuhan yang ada di Pulau Batam saat ini masih berkisar sekitar 500 ribu TEUs. Jumlah ini perlu ditingkatkan agar pelabuhan di Pulau Batam dapat bersaing dengan pelabuhan di Singapura yang memiliki kapasitas hingga jutaan TEUs.

Selain itu, pada kesempatan ini juga para pimpinan Bea Cukai Batam menjelaskan terkait berbagai fasilitas kepabeanan yang dapat diberikan kepada para pelaku usaha. Fasilitas-fasilitas kepabeanan yang tersedia seperti Pusat Logistik Berikat (PLB), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Tempat Penimbunan Sementara (TPS), dan Floating Storage Unit (FSU) diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha sesuai proses bisnisnya masing masing.

Sebagai penutup, Kepala KADIN Batam, Jadi Rajagukguk menyampaikan,

“Terima kasih atas waktunya, semoga ini tidak menjadi pertemuan yang pertama dan terakhir, Pak. Kami mungkin nanti sewaktu-waktu meminta bantuan kalau ada kendala di lapangan, dan juga sebaliknya kalau dari Bea Cukai ada kebijakan-kebijakan baru bisa kami bantu sosialisasikan kepada para pengusaha”.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Iwan Kurniawan, Kepala Bidang Kepatuhan Internal Paulus Pangaribuan, Kepala Bidang Perbendaharaan dan Keberatan Hartono, Kepala Bidang PFPC I M. Solafudin, Kepala Bidang PFPC II Dwi Jogyastara, dan Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi M. Rizki Baidillah.