Selamat Datang Pegawai OJT Bea Cukai Batam

Batam (16/12/2019)  –  Hari ini Bea Cukai Batam mengadakan acara Penyambutan dan Pengarahan Pegawai On Job Training (OJT) di Aula lantai 3 KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam. Susila Brata, Kepala Kantor memberikan pengarahan kepada pegawai OJT sejumlah 69 orang yang merupakan lulusan Diploma I dan Diploma III PKN STAN.

Selanjutnya, Kepala Kantor memperkenalkan Para Pejabat di Lingkungan KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam. Beliau menyampaikan bahwa terdapat 32 Pejabat yang terdiri dari 1 Kepala Kantor, 1 Kepala Bagian Umum, 6 Kepala Bidang, 4 Kepala Subbagian, dan 20 Kepala Seksi.

Dalam pengarahan, Susila Brata mengutip pidato Presiden saat pelantikan, “Salah satu lima poin penting untuk membuat Indonesia jadi maju adalah pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia). Saudara-saudara akan menjadi bagian dari bagian dari pembangunan SDM”. Dengan menjadi bagian dari pembangunan diharapkan seluruh pegawai OJT dapat menjalankan pekerjaan dengan amanah dan bertanggung jawab sampai menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Meskipun diusia muda kalian memiliki tanggung jawab dalam bekerja, di masa OJT Anda diminta bekerja bukan lagi seperti PKL. Saudara berbeda dengan teman-teman yang masih kuliah, jadi punya tanggung jawab berbeda. Waktu kuliah ujiannya saat UAS dan UTS, namun dalam bekerja ujiannya setiap hari”, kata Susila Brata.

“Saudara memasuki dunia kerja di lingkungan Kementerian Keuangan yang dinilai sangat baik kinerja, tata kelola oganisasi, dan SDM-nya” ujar Susila lagi. Oleh karena itu, seluruh pegawai OJT diajak untuk berbangga dengan prestasi tersebut sehingga bisa memicu prestasi lebih baik lagi ke depannya agar bea cukai makin baik, kemenkeu tepercaya, dan Indonesia maju.

Susila Brata berpesan,”Jika Menteri Keuangan mengatakan Jangan pernah lelah mencintai negeri ini, Saya berpesan Jangan pernah berhenti berpikir positif dan berperilaku positif”.

Acara dilanjutkan dengan penyematan Pin Integritas kepada perwakilan Pegawai OJT oleh Kepala Kantor. Acara ditutup dengan jabat tangan oleh para Pegawai OJT dengan Pejabat Bea Cukai Batam dan foto bersama.