+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

Batam (14/9) – Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, Susila Brata menyampaikan bahwa Batam Logistics Ecosystem (BLE) merupakan salah satu inti dalam National Logistik Ecosystem (NLE). Ekosistem disini maksudnya terdiri dari beberapa platform berbeda namun saling terhubung. Dalam menyukseskan BLE diperlukan dukungan dan kerja sama dari berbagai instansi seperti BP Batam, KSOP, Bea Cukai Batam, dan instansi lainnya.

Hal tersebut disampaikan Susila Brata di dalam sambutannya pada acara Sosialisasi PMK 97/PMK.04/2020 tentang Tata Laksana Penyerahan Pemberitahuan Rencana Kedatangan Sarang Pengangkut, Manifes Kedatangan Sarana Pengangkut, dan Manifes Keberangkatan Sarana Pengangkut yang dihadiri para eksportir, importir, PPJK, dan pengusaha jasa pengangkut. (14/9)

Susila Brata menambahkan bahwa para peserta sebagai pelaku usaha juga merupakan bagian dari BLE. Hal ini tertuang dalam Inpres Nomor 5 tahun 2020. Kolaborasi sistem-sistem layanan logistik baik internasional maupun domestik perlu dilaksanakan antar pelaku kegiatan baik di sektor pemerintah maupun swasta.

Dengan terwujudnya BLE, kini semua dapat dilakukan secara online. Pelaku usaha tidak perlu lagi menunggu, antrean bisa menjadi potensi gratifikasi.

“Online ini ya efisien, siapa yang duluan akan di proses. Ini akan memudahkan yang kantornya jauh, tidak perlu lagi datang secara langsung. Ini memang sudah kewajiban kami untuk mempermudah Bapak, Ibu, sekalian.” ujar Susila.

BLE juga bisa menyajikan data yang nantinya bisa Bea Cukai Batam olah dan pelajari untuk menjadi masukan dalam pembuatan kebijakan atau hal lainnya. Susila juga menambahkan bahwa Bea Cukai Batam akan terus melakukan perbaikan dan sangat terbuka untuk menerima masukan dari pelaku usaha jika terdapat kekurangan.

BLE merupakan bagian penting dari NLE yang akan menjadi percontohan penataan logistik di Indonesia. BLE juga merupakan salah satu upaya nyata pemerintah dalam mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bea Cukai Batam akan sepenuhnya mendukung apa yang sudah menjadi inisiasi nasional.

WhatsApp chat