Rebranding Situs Web Bea Cukai Batam Demi Pemberian Layanan Infomasi yang Lebih Baik

Batam – Selain memiliki tugas dan fungsi memberikan pelayanan dan pengawasan kepabeanan dan cukai, Bea Cukai Batam sebagai instansi pemerintah juga berperan dalam memberikan layanan informasi yang baik kepada masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan Bea Cukai Batam untuk memberikan layanan informasi yang baik adalah dengan melakukan rebranding pada tampilan situs web Bea Cukai Batam.

Hal ini dilatarbelakangi oleh dorongan untuk memberikan situs web yang memiliki tampilan yang menarik dan nyaman digunakan. Tampilan yang menarik dan kenyamanan saat menggunakan merupakan kunci dalam memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna. Sebagai instansi pemerintahan yang melakukan pelayanan publik, kepuasan para pengguna jasa merupakan hal yang menjadi tujuan utama dalam rebranding situs web ini.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi, M. Rizki Baidillah, menyampaikan

Rebranding situs web ini merupakan sesuatu yang diperlukan dalam membangun citra yang baik. Ini merupakan tugas kita sebagai humas untuk memberikan layanan informasi yang optimal.” ujar Rizki.

Berbagai perubahan dari segi tampilan antarmuka dilakukan. Perubahan-perubahan tersebut antara lain seperti perubahan pada logo, skema warna, typeface, serta perubahan tampilan pada header dan footer.

Menu navigasi juga dioptimalkan agar dapat mencakup semua informasi yang dibutuhkan pengguna. Selain itu, tata letak juga dilakukan sedemikian rupa agar dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para pengguna.

Pada halaman utama terdapat segmen berita yang menampilkan berita-berita terbaru Bea Cukai Batam. Berita-berita ini berisi informasi mengenai kinerja dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Bea Cukai Batam. Selain segmen berita juga terdapat segmen video yang berisi video-video terbaru dari Kanal YouTube Bea Cukai Batam. Bea Cukai Batam juga menyediakan tautan ke halaman utama instansi terkait seperti Kementerian Keuangan RI, Bea Cukai RI, Lembaga Nasional Single Window, dan Badan Pengusahaan Kawasan Perdangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Situs web yang baik tentunya juga harus responsif sehingga nyaman untuk digunakan di berbagai perangkat. Situs web Bea Cukai Batam telah didesain sedemikian rupa agar dapat menyesuaikan dengan berbagai perangkat yang digunakan, baik perangkat desktop maupun selular.

Situs web yang sudah ada sekarang tentunya masih belum sempurna, namun Bea Cukai Batam ke depannya akan terus berupaya memberikan konten dan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat. Sejalan dengan Nilai Kesempurnaan Kementerian Keuangan, Bea Cukai Batam senantiasa melakukan perbaikan untuk menjadi dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat.