Rapat Evaluasi Tentang Pemasukan dan Pengeluaran Barang ke dan dari Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas

Selasa, 6 oktober 2015 Direktorat Teknis Kepabeanan melakukan rapat evaluasi tentang pemasukan dan pengeluaran barang ke dan dari kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas bertempat di Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam.

rapat 1Pembahasan ini mengacu pada penerapan peraturan Peraturan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2012 tentang perlakuan kepabeanan, perpajakan, dan cukai serta tata laksana pemasukan dan pengeluaran barang ke dan dari serta berada di kawasan yang telah ditetapkan sebagai kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 47/PMK.04/2015 tentang tata laksana pemasukan dan pengeluaran barang ke dan dari kawasan yang telah ditetapkan. Rapat ini dihadiri oleh beberapa pengguna jasa yang bergerak di bidang importasi pipa dan baja, perusahaan pengukir/pembuat ulir pipa (tubing), industri galangan kapal dan industri rig.

rapat 2Rapat ini diselenggarakan untuk menampung kendala-kendala yang selama ini dialami oleh baik dari pihak stakeholder maupun Bea Cukai dalam menerapkan peraturan tersebut. Hasil rapat yang diselenggarakan ini akan dijadikan bahan pertimbangan oleh Direktorat Teknis Kepabeanan dalam merevisi peraturan yang ada sehingga dapat mempermudah stakeholder dan Bea Cukai dalam menerapkan peraturan tersebut tanpa mengurangi esensi dalam pengawasan.