+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

RANGKAIAN PERINGATAN HARI PABEAN INTERNASIONAL KE-64 DAN SEWINDU KPU BEA DAN CUKAI BATAM

Bertempat di Aula Lantai 3 Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, pada Selasa 16 Februari 2016 KPU BC Batam menyelenggarakan acara KPU Day yang turut mengundang berbagai instansi dan pengguna jasa.

KPU Day merupakan acara puncak dari Peringatan Ulang Tahun Sewindu KPU BC Batam yang diresmikan pada tanggal 15 Februari 2008. Bagian dari rangkaian peringatan ini adalah Senam Sehat dan Talk Show Bersama Dahlan Iskan pada hari Jumat 12 Februari 2016. Tujuan penyelenggaraan KPU Day adalah untuk mempererat kemitraan antara KPU BC Batam dengan instansi terkait dan pengguna jasa.

kpu day 1

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Kantor KPU Bea dan Cukai Batam, Nugroho Wahyu Widodo. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucarapan terimakasih atas pertemanan dan sinergi yang luar biasa dari setiap unsur baik instansi pemerintah maupun pengguna jasa.

“Ketika malam-malam sekitar jam 22.00 kita membutuhkan bantuan dari teman-teman kepolisian, saya menelpon langsung Pak Kapolda dan saat itu juga beliau memerintahkan semua pasukannya untuk mem-backup Bea Cukai” Sebut Pak Noeg, panggilan akrab Nugroho.

“Dengan teman-teman Imigrasi dan DITPAM kita saling bersinergi untuk mencegah orang-orang yang tidak benar masuk ke Indonesia,” lanjut Pak Noeg.

“Sampai hari ini tanggal 16 Februari 2016 kita sudah menangkap 6 orang kurir narkoba,” ungkap beliau.

“Teman-teman GUSKAMLA yang selalu memerangi perompak-perompak sehingga kunjungan wisata kapal-kapal Yacht meningkat luar biasa,” jelasnya.

“Mari terus bekerja sama dan bersinergi untuk menjadikan bangsa ini lebih baik. Dengan kerendahan hati kami ingin bergandeng tangan dengan bapak ibu sekalian, sambutlah hati kami dengan terbuka agar sinergi ini tidak pernah usai,” pesannya.

IMG_4754

Pada kesempatan ini diberikan beberapa penghargaan untuk beberapa kategori. Penghargaan pertama adalah untuk individu yaitu pegawai yang berprestasi dan pegawai instansi lain yang membantu Bea dan Cukai dalam penegahan pelanggaran peraturan kepabeanan dan cukai. Penerima penghargaan KPU Day tahun 2016 adalah:

Pertama Erwin Hariadi, Kepala Seksi Penagihan dan Keberatan yang telah membuat beberapa Aplikasi Mandiri di KPU BC Batam, sampai saat ini ada 2 aplikasi yang telah dibuat yaitu Aplikasi Yacht (Aplikasi Impor Sementara Kapal Wisata Asing) dan Aplikasi Simanja (Aplikasi Sistem Jaminan Anda).

Kedua Imam Wahyudi dari AVSEC Bandara Hang Nadim Batam yang membantu Bea Cukai menangkap kurir narkoba yang membawa 1433 gram shabu.

“Harapan saya semoga kita menambah atau meningkatkan kinerja kita, karena kita merupakan gerbang masuk Indonesia dari luar negeri” ungkap Imam Wahyudi setelah menerima penghargaan.

Ketiga Harpensyah dari DITPAM Pelabuhan Batam Cetre yang membantu Bea Cukai menapkap kurir narkoba yang membawa 509 gram shabu.

“Harapan saya membantu Bea Cukai dalam melakukan penangkapan narkotika supaya anak bangsa Indonesia tidak terpengaruh atau menjadi pemakai berat narkoba dan agar Indonesia bebas dari narkoba” ungkap Harpensyah setelah menerima penghargaan.

Serta yang keempat Winarso dan Tim CNT KPU BC Batam.

kpu day 2

Penghargaan berikutnya diberikan kepada 10 mitra atau stakeholder KPU BC Batam yaitu Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Kepolisian Resort Kota Barelang, Pangkalan Angkatan Laut Batam, Kantor Imigrasi Batam, Kantor Karantina Batam, Kejaksaan Negeri Batam, Badan Pengusaha (BP) Batam, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) di Batam, Konsulat Jenderal Singapura di Batam dan Gugus Keamanan Laut Batam.

“Kami mengucapkan terimakasih banyak atas penghargaan yang diberikan kepada kami semua, harapan kami kedepan semoga Bea Cukai dan rekan-rekan sekalian bisa bersama-sama bersinergi dan mengamankan keamanan di wilayah Kepulauan Riau ini. Sehingga ancaman-ancaman seperti terorisme ataupun penyelundupan senjata api atau yang saat ini marak seperti narkoba tentunya dapat diantisipasi bersama” ungkap perwakilan dari Kapolda Provinsi Kepulauan Riau sekaligus mewakili seluruh instansi yang menerima penghargaan.

“Tentunya bukan karena satu instansi saja, tetapi karena adanya kerjasama dan dukungan dari pada seluruh instansi dan masyarakat. Semoga semakin maju dan jaya KPU BC Batam” tambahnya.

kpu day 3Penghargaan ketiga diberikan kepada pengguna jasa terpilih yang selama 2015 menunjukan kontribusi yang menonjol. Berikut adalah 5 Pengguna jasa terpilih yang menerima penghargaan:

Pertama Eksportir Terpilih, PT. Schneider Electric Manufacturing Batam. Perusahaan ini bergerak dalam bidang electronic parts. Perusahaan ini selama tahun 2015 memiliki nilai ekspor sebesar lebih dari 376 Miliyar Rupiah.

“Terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada kami, harapan kami kedepannya semoga KPU BC Batam dapat memberikan rasa yang lebih nyaman bagi kami semua dan mohon ditingkatkan dan diperjuangkan” ungkap perwakilan dari PT. Schneider Electric Manufacturing Batam setelah menerima penghargaan.

PT. Batam Teknik sebagai Importir terpilih, selama 2015 menyumbang Bea Masuk lebih dari 6 Miliyar Rupiah. Perusahaan ini bergerak dalam bidang pesawat terbang dan memiliki tempat perbaikan pesawat terbang yang berada di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

“Terimakasih kepada KPU BC Batam yang selama ini telah mengarahkan kami sebagai importir untuk menjadi lebih baik kedepannya. Kedepannya kami akan mengimpor lebih banyak lagi karena di Batam ini adalah pusat dari maintenance-nya Batam Teknik” ungkap perwakilan dari PT. Batam Teknik setelah menerima penghargaan.

Ketiga PPJK Terpilih, PT. Birotika Semesta (DHL) yang telah mengurus lebih dari 18 ribu dokumen sepanjang tahun 2015. Perusahaan ini bergerak dalam jasa kurir baik dalam bentuk dokumen maupun dalam bentuk barang.

“Terimakasih pada pihak BC Batam, penghargaan ini kami dedikasikan kepada tim saya, agen kami yang sehari-hari mengurus dokumen dari pagi sampai malam hari baru pulang kantor, ini merupakan penghargaan yang luar biasa bagi kami” ungkap perwakilan dari PT. Birotika Semesta setelah menerima penghargaan.

Keempat PT. Karya Teknik Utama yang terpilih sebagai Shipyard terpilih, merupakan pembayar pajak Shipyard terbesar yaitu lebih dari 9 Miliyar Rupiah.

Kelima Agen Pelayaran Terpilih, PT. Cuaca Marina Servicatama dinilai paling patuh dalam proses pengajuan dokumen manifest.

kpu day 4

Acara dilanjutkan dengan pemutaran video sejarah berdirinya KPU BC Batam sampai dengan sekarang, pemotongan tumpeng, dan ditutup dengan makan siang bersama.

DIRGAHAYU KPU BEA DAN CUKAI BATAM!.

WhatsApp chat