+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

          Tanggal 30 Oktober 2015 diperingati sebagai hari lahirnya Uang Rupiah Republik Indonesia yang ke-69. Instansi-instansi dibawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) khususnya di wilayah Kepulauan Riau merayakan rangkaian hari lahirnya Oeang Republik Indonesia ke-69 di kota Batam. Diawali dengan Upacara Peringatan Hari Oeang pada tanggal 30 Oktober 2015 di lapangan utama Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe B Batam yang diikuti oleh perwakilan instansi vertikal Kemenkeu di Batam yaitu DJP, DJKN, dan DJPB. Pada upacara tersebut diberikan penghargaan Satya Lancana Karya Satya 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun kepada pegawai yang sudah mengabdi di Kemenkeu.

Untitled-4

Sesudah bangsa Indonesia merdeka, rakyat Indonesia masih menggunakan uang Jepang dan uang Javasche Bank sebagai alat pembayaran. Karena mata uang asing tersebut dinilai tidak sesuai dengan ideologi bangsa Indonesia yang berdaulat, maka pemerintah menetapkan Undang-Undang tentang Pengeluaran Uang Republik Indonesia yaitu UU No.17 Tahun 1946 dan UU No.19 Tahun 1946 dan Menteri Keuangan diberi kewenangan untuk menetapkan hal yang berkaitan dengan pengeluaran Oeang Republik Indonesia. Tepat jam 00.00 tanggal 30 Oktober 1946, Wakil Presiden Moh. Hatta menyatakan tidak diberlakukannya lagi uang Jepang dan uang Javasche Bank yang selama ini beredar dan dimulainya penggunaan Uang Rupiah Indonesia. Hal ini dikenal sebagai Detik-detik beredarnya Oeang Republik Indonesia.

Untitled-5

Upacara Peringatan Hari Oeang berakhir pada pukul 09.00 dan dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama dan ramah tamah di Aula Lantai 3 KPU BC Batam.

Acara dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi dan Capacity Building mulai pukul 16.00 bertempat di Nongsa Point Marina, Batam. Acara dihadiri oleh pejabat-pejabat Kementerian Keuangan diisi dengan rapat koordinasi dan kegiatan motivasi dari Psikolog Universitas Indonesia, Muhammad Hamdi serta ramah tamah keluarga besar Kemenkeu di Kepulauan Riau.

Untitled-6

Acara berlanjut pada hari Sabtu tanggal 31 Oktober 2015 yaitu diadakannya gathering dan juga berbagai performance dari masing-masing satuan kerja (Satker) bertempat di Ocarina, Batam. Peserta yang hadir adalah pegawai dari sekitar 19 Satker Kemenkeu di wilayah Kepulauan Riau baik dari DJBC, DJPB, DJKN, dan DJP maupun dari pengguna jasa/Stakeholder di wilayah Kepulauan Riau seperti Batam, Tanjung Balai Karimun, Bintan, dan pulau-pulau lain di sekitarnya. Pertunjukan reog mengawali acara pada pagi hari itu, dan dilanjutkan dengan senam aerobik.

Untitled-7

Senam aerobik berlangsung meriah dan penuh semangat didampingi beberapa instruktur profesional dan diikuti oleh seluruh peserta. Sambutan dan pemotongan tumpeng dari Kepala Perwakilan Kemenkeu menandakan hari jadi Oeang Republik Indonesia yang ke-69 dan dilanjutkan dengan pelepasan balon udara secara bersama-sama.

Untitled-8

Acara dilanjutkan dengan penampilan dari masing-masing Satker seperti band, drama musikal, dan juga bela diri militer. Disela-sela penampilan tersebut dibagikan juga doorprize dan disediakan juga Pojok Selfie untuk mengabdikan momen bersejarah bagi segenap jajaran Kementerian Keuangan RI.

Untitled-9

Disamping rangkaian kegiatan diatas, sebagai bentuk kepedulian akan sesama diadakan juga kegiatan Donor Darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kota Batam pada tanggal 3 November 2015 di Aula lantai 2 KPU BC Batam.

Untitled-10

Dirgahayu Oeang Republik Indonesia ke-69!!

WhatsApp chat