Ramadan Sebentar Lagi, Bea Cukai Batam Siap Menata Diri

Batam (08/04) – Dalam rangka menyambut bulan Ramadan 1442 H, Bea Cukai Batam menyelenggarakan kegiatan tarhib ramadan pada Kamis, 08 April 2021 yang bertempat di Aula Lt.3 KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam yang dikuti oleh pejabat dan pegawai di lingkungan Bea Cukai Batam.

Kepala Bagian Umum Bea Cukai Batam, Koen Rachmanto, dalam sambutannya menyampaikan,

“Acara tarhib ramadan ini awalan dari rangkaian acara Barakah Festival yang mengambil tema “Iman tertata, ibadah terjaga”. Acara ini dirangkai untuk memudahkan jamaah dari Masjid Baitut Taqwa serta pegawai Bea Cukai Batam untuk mengoptimalkan kesempatan di ramadan ini agar bisa memberikan makna yang positif, serta agar lebih baik dari tahun sebelumnya” ujarnya.

Sambutan tersebut juga menandakan mulainya kegiatan tarhib ramadan sekaligus sebagai peresmian Acara Barakah Festival, Batam Ramadan Khazanah secara resmi dibuka.

Tarhib Ramadan diisi dengan kegiatan talkshow dengan mengundang Ustadz Rahmat Nur Hidayat, dalam talkshow beliau menyampaikan,

“Dalam menyambut Ramadan, persiapan yang paling utama adalah menyiapkan iman. Bagaimana seseorang bisa beramal baik di bulan Ramadan tanpa adanya iman atau lemah iman.  Oleh karena itu yang terbaik untuk menyambut Ramadan adalah memperbaiki iman” jelasnya.

Acara tarhib Ramadan, merupakan acara pembuka dalam Barakah Festival, ke depannya selama bulan Ramadan akan dilaksanakan kegiatan tilawah Quran, kultum dari pegawai dan eksternal, pembacaan hadist, tarawih berjamaah, takjil on the road dan kegiatan lainnya.

Tidak hanya itu, Barakah Festival juga mengadakan kegiatan lomba di antaranya Lomba Adzan, Lomba Dakwah, Lomba MTQ, Lomba Kaligrafi dan Lomba Nasyid.

Dengan diselenggarakan kegiatan tarhib Ramadan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat pegawai Bea Cukai batam dalam melaksanakan kegiatan ibadah khususnya dibulan Ramadan serta meningkatkan nilai-nilai integritas dalam bekerja.