Polresta Barelang, Bea Cukai Batam, dan Bea Cukai Kepri Musnahkan Sabu 107,44 Kilogram

Batam, (6/10). Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Kota (Satresnarkoba Polresta) Barelang bersama Bea Cukai Batam dan Bea Cukai Kepulauan Riau memusnahkan barang bukti sabu seberat 107.444 gram, Rabu, (6/10/2021).

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam, Iwan Kurniawan menyampaikan bahwa kegiatan pemusnahan di Polresta Barelang merupakan penindakan hasil sinergi Polri dan Bea Cukai.

“Kegiatan pemusnahan bersama antara Polresta Barelang, Bea Cukai Batam, dan Bea Cukai Kepri adalah wujud komitmen kita bersama untuk menuntaskan apa yang telah kita lakukan bersama dalam memerangi peredaran narkoba,” ujar Iwan.

Pemusnahan sabu tersebut merupakan tindak lanjut atas dua penindakan yang terjadi di Perairan Nongsa, 5 September 2021, dan Pintu Keluar Pelabuhan Harbour Bay, 19 September 2021.

“Untuk penindakan di Perairan Nongsa, Bea Cukai Kepri dan Bea Cukai Batam berhasil mengamankan 107.258 gram sabu, dan untuk di Harbour Bay berhasil mengamankan 1.035 gram sabu,” jelas Iwan.

Kepala Satresnarkoba Polresta Barelang, Lulik Febyantara menyampaikan bahwa pemusnahan ini tidak semuanya dimusnahkan dan disisakan untuk barang bukti sidang.

“Jadi kita sisihkan beberapa gram barang bukti untuk kebutuhan laboratorium dan persidangan,” ujar Lulik.

Lulik menyampaikan bahwa sinergi akan terus ditingkatkan untuk memaksimalkan pemberantasan narkoba.

“Sama-sama kita bahu membahu memerangi narkoba yang sangat merusak generasi penerus bangsa,” tutup Lulik.

Baca juga:
https://bcbatam.beacukai.go.id/satgas-operasi-bea-cukai-polri-berhasil-gagalkan-penyelundupan-sabu-lebih-dari-100-kg/