Perkuat Sinergi, Bea Cukai Batam Bersama Bea Cukai Kanwil Khusus Kepri Lakukan Kunjungan ke Gubernur dan Kejati Provinsi Kepri

Batam (01/09/2021) – Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Ambang Priyonggo, bersama dengan Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau, Akhmad Rofiq, lakukan kunjungan ke Kantor Gubernur dan Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Riau. Kunjungan yang diadakan pada selasa, tanggal 31 Agustus 2021, bertujuan untuk silaturahmi sekaligus berdiskusi singkat tentang peranan Bea Cukai agar dapat bersinergi dan berkolaborasi.

Kunjungan Kepala Kantor Bea Cukai Batam dan dengan Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau disambut langsung oleh Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, Hari Setiyono. Dalam acara kunjungan tersebut, disampaikan bahwa Bea Cukai Batam maupun Bea Cukai Kanwil Khusus Kepulauan Riau sedang berfokus dalam pembentukan Pusat Logistik Berikat (PLB). Fokus pengembangan dipusatkan pada Batam Logistics Ecosystem (BLE) yang sudah terbentuk, serta pembangunan PLB Berakit di Bintan. Pengembangan BLE dan pembangunan PLB Berakit diharapkan dapat memajukan perekonomian Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, dan dapat bersaing dengan Singapura maupun Malaysia.

Gubernur Kepulauan Riau, dalam kunjungan Bea Cukai Batam dan Bea Cukai Kanwil Khusus Kepulauan Riau, menyampaikan gagasan untuk membentuk satuan tugas bersama Bea Cukai. Sinergi dan kolaborasi dalam pembentukan satuan tugas dimaksudkan untuk mengawasi perairan laut Kepulauan Riau melalui pemberantasan pemasukan barang melalui jalur pelabuhan ilegal. Gagasan tersebut disambut baik oleh Kepala Bea Cukai Batam dan Kepala Kanwil Khusus Kepulauan Riau untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar instansi. Diharapkan dengan sinergi dan kolaborasi tersebut akan meningkatkan perekonomian wilayah Provinsi Kepulauan Riau dan meningkatkan pengawasan di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.