Perkuat Silaturahmi, Bea Cukai Batam Hadiri Konferensi Pers Pidana Perpajakan

Batam (13/11/2020) Bea Cukai Batam menghadiri undangan konferensi pers penegakan hukum tindak pidana perpajakan di Kantor Wilayah Pajak Kepulauan Riau, Senin (09/11).

Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Susila Brata didampingi oleh Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan, Iwan Setiawan dan Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi, M. Rizki Baidillah hadir secara langsung dalam acara tersebut sebagai wujud silaturahmi antar instansi vertikal di Kementerian Keuangan.

Dalam keterangan konferensi pers, Kepala Kantor Wilayah Pajak Kepulauan Riau menyebutkan bahwa tersangka berinisial A melakukan tindak pidana perpajakan yaitu tidak melaporkan pemberitahuan untuk seluruh kegiatan usahanya. Sehingga kewajiban perpajakan yang dilaporkan seolah-olah wajar serta tidak melaporkan seluruh nilai pembelian dan penjualannya ke dalam SPT Tahunan PPh Badan PT Extel Communuication tahun pajak 2013 sampai dengan 2015.

“Pelaku dengan inisial A adalah Direktur PT Extel Communication yang beralamat di Bintan. Modus pelaku adalah dengan sengaja menutup-nutupi atau menyembunyikan kegiatan administrasi PT Extel Communication area Riau Daratan dan hanya melaporkan kegiatan usaha area Bintan saja (seluruh Kepulauan Riau kecuali Batam dan Tanjung Pinang),” ujar Kepala Kantor Wilayah Pajak Kepulauan Riau, Slamet Sutantyo .

Diharapkan kedepannya akan semakin menguatkan sinergi antara Bea Cukai dengan Pajak seperti yang sedang berjalan sekarang yaitu Joint Program, sehingga dapat optimal dalam upaya mengumpulkan penerimaan negara.