Perkuat Pengawasan dengan Pesawat Tanpa Awak, Bea Cukai Batam Adakan Pelatihan Drone

Batam (01/12) Bea Cukai Batam mengadakan acara Pembinaan dan Pengembangan Keterampilan Pegawai (P2KP) Tentang Pengoperasian Pesawat Tanpa Awak (Drone) (30/11). Acara tersebut diadakan secara langsung di Aula Lantai III Bea Cukai Batam.

Tujuan dari diadakannya acara tersebut adalah untuk mengenalkan sekaligus melatih kemampuan kepada pegawai dalam mengoperasikan pesawat tanpa awak (drone).

“Kemajuan teknologi yang berkembang pada saat ini membuat kemudahan di banyak hal, salha satunya di Bea Cukai adalah pengawasan. Dengan teknologi ini (Drone) diharapkan dapat menunjamg tugas kita dalam pengawasan di lapangan. Oleh karena itu kita adakan kegiatan ini untuk lebih mengenalkan kepada para pegawai tentang drone yang mungkin masih banyak yang belum tahu cara mengoperasikannya,” pungkas Tri Lukita Adi selaku Kepala Seksi Intelijen I.

Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua sesi. Sesi I adalah pengenalan materi tentang dasar hukum penerbangan dan materi bagian-bagian drone dan cara pengoperasiannya. Sedangkan untuk sesi II adalah para peserta mencoba langsung menerbangkan drone berdasarkan materi yang telah disampaikan.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pegawai dalam hal soft skill yaitu pengoperasian pesawat tanpa awak sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas khususnya dalam hal pengawasan terhadap orang dan barang di tempat yang tidak memungkin untuk dijangkau.