Perkuat Fungsi Industrial Assistance, Bea Cukai Batam Sambangi PLB Pertamina Pulau Sambu

Batam (12/11/2020) – Bea Cukai Batam melakukan kunjungan ke Pusat Logistik Berikat (PLB) Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pulau Sambu PT Pertamina (Persero) dalam rangka memperkuat fungsi industrial assistance pada Kamis (12/11). Terdapat beberapa agenda dalam kunjungan ini, yakni pemberian bimbingan teknis sistem CEISA dan IT Inventory, stock opname (pencacahan), sekaligus sosialisasi terkait dengan pemberian gratifikasi.

Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Paulus Hatigoran Pangaribuan, dalam sambutannya menyampaikan,

“Fungsi Bea Cukai salah satunya adalah industrial assistance, yakni memberikan asistensi sehingga dunia usaha semakin nyaman dan ke depannya berbisnis itu semakin mudah.” jelasnya.

Melihat peluang bisnis Pertamina yang sangat besar, Paulus juga menyampaikan bahwa Bea Cukai bersedia memfasilitasi dan mendukung penuh Pertamina dalam menjalankan bisnisnya.

“Peluang bisnis Pertamina (di Pulau Sambu) sangat besar karena dekat dengan Singapura. Pertamina tidak bisa sendiri, Bea Cukai dalam hal ini sebagai regulator bersedia memfasilitasi” tambahnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian bimbingan teknis oleh Subbagian Dukungan Teknis dan stock opname oleh Seksi Fasilitas Pabean dan Cukai.

Bimbingan teknis sangat perlu diberikan sebelum Pertamina melakukan importasi, mengingat status Pusat Logistik Berikat (PLB) TBBM Pulau Sambu yang belum lama ini baru berlaku. Hal ini dilakukan agar kegiatan importasi yang dalam waktu dekat akan dilakukan dapat berjalan dengan baik.

Selanjutnya kegiatan stock opname dilakukan untuk mengetahui jumlah barang, dalam hal ini BBM, yang masih tersisa di dalam tangki. Jumlah ini akan menjadi dasar perhitungan persediaan barang selanjutnya yang akan direkam ke dalam IT Inventory Pertamina. Kegiatan stock opname juga dilakukan sebagai pemenuhan kewajiban Pertamina selaku pengusaha PLB.

Kegiatan diakhiri dengan sosialiasi terkait dengan pemberian gratifikasi. Bea Cukai Batam terus berkomitmen untuk menjaga integritas dan menolak segala bentuk gratifikasi.