Perkuat Fungsi Community Protector, Bea Cukai Batam Mengadakan Latihan Menembak

Batam (17/12) Bea Cukai Batam mengadakan Latihan Menembak di Lapangan Tembak Batalyon Infanteri Khusus 136/Tuah Sakti Kota Batam, Rabu (16/12). Latihan ini diikuti oleh Pejabat dan Pegawai yang mewakili bidang-bidang di KPU Bea Cukai Batam.

“Pelatihan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan pegawai dalam penguasaan keterampilan penggunaan senjata api, khususnya pegawai bidang p2 yang bertugas di pengawasan,” ucap Susila dalam sambutannya.

Bea Cukai adalah salah satu instansi di luar angkatan bersenjata yang memiliki izin menggunakan senjata api dalam pelaksanaan tugasnya terutama dalam pelaksanaan tugas pengawasan untuk mendukung peran dan fungsinya sebagai Community Protector.

Latihan didampingi langsung oleh anggota TNI dengan menggunakan senjata api laras panjang (SBC-1) dan laras pendek atau pistol (P3A) dengan jarak tembak 15 dan 50 meter.

Pelatihan dimulai dengan penyampaian protokol penggunaan senjata api yang dipimpin langsung oleh Letda Sahrudi. Faktor keamanan dan keselamatan dalam pelatihan menjadi prioritas utama.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan pegawai dalam menggunakan senjata api sehingga dapat menunjang tugas dan fungsi Bea Cukai sebagai Community Protector yaitu pelindung masyarakat dari pemasukan barang-barang berbahaya.