Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil di Era Normal Baru, Kepala KPU Bea Cukai Batam: Jangan Jadikan Keterbatasan Sebagai Alasan

Batam (23/12) – Bea Cukai Batam melaksanakan Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil. Pengambilan sumpah tersebut dilaksanakan secara langsung di Aula Lantai 3 Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai dengan peserta sejumlah 20 pegawai yang mewakili 60 peserta lainnya yang mengikuti upacara secara daring melalui zoom meetings (22/12). Peserta upacara merupakan 70 pegawai KPU Bea dan Cukai Batam dan 10 orang pegawai PSO Bea dan Cukai Batam. 

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam, Susila Brata menyampaikan jika pandemi ini bukanlah penghalang untuk tetap produktif dalam melaksanakan kegiatan. “Kita Pegawai Bea Cukai dan Kementerian Keuangan juga memiliki misi, untuk terus menjadi penggerak perekonomian Indonesia,” tambahnya.

Pengangkatan kali ini dilaksanakan sedikit berbeda akibat kondisi yang masih dirundung pandemi Covid-19. Oleh karena itu, para peserta mengenakan masker selama upacara berlangsung dan sebagian peserta yang lain harus mengikuti upacara melalui zoom meetings. Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tersebut dilaksanakan berdasarkan pemantauan terkait sikap, tingkah laku, kinerja dan kehidupan keseharian CPNS selama satu tahun sebelumnya. 

Selain itu Susila juga menyampaikan jika para PNS yang baru saja diangkat harus memegang teguh Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yaitu: Integritas, Profesionalisme, sinergi, Pelayanan dan Kesempurnaan dalam setiap pekerjaan yang dilakukan. PNS yang baru diangkat juga diminta untuk mengucapkan sumpah/janji PNS di bawah Kitab Suci dari masing-masing perwakilan agama. 

Susila juga berharap agar peserta upacara dapat memegang teguh komitmennya dalam memajukan instansi dan perekonomian Indonesia kedepannya. Karena akan ada tantangan-tantangan kedepannya bagi seluruh Pegawai Bea Cukai Batam, terutama dalam mendorong suksesnya program Pemulihan Ekonomi Nasional.