Penandatanganan Kontrak Kinerja, Kepala Bea Cukai Batam : Penting Untuk Menilai Kemampuan Diri”

Batam (30/01) –  Sebagai bentuk pernyataan kesanggupan atau janji dari seorang pegawai untuk melaksanakan tugas dan fungsi dengan penuh kesungguhan dan kesanggupan, Bea Cukai Batam melaksanakan penandatanganan Kontrak Kinerja Kemenkeu-Three, Kemenkeu-Four dan Kemenkeu-Five Tahun 2021 bertempat di Aula Lt. 3 KPU Bea Cukai Batam pada Jumat (29/01).

Acara dipimpin oleh Susila Brata selaku Kepala Kantor serta dihadiri oleh Para Pejabat Eselon III, Kepala PSO Bea Cukai Batam, Para Pejabat Eselon IV dan Perwakilan Pejabat Fungsional Bea Cukai Batam dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19.

Dalam sambutannya, Susila Brata menegaskan kembali pentingya Kontrak Kinerja dalam mengukur kemampuan diri.

“Pengukuran kinerja ini merupakan sesuatu yang baik, kita bisa menilai kemampuan diri dengan memasang target kemudian mengukur seberapa mampu kita mencapai target tersebut. Dengan cara ini maka kemampuan, pekerjaan dan kinerja kita bisa diukur. Kontrak Kinerja bukanlah sesuat yang given dari atasan, melainkan sesuatu yang telah dibahas sebelumnya di bidang masing-masing. Saya berharap target yang dipasang merupakan target yang benar-benar menantang dan menjadi tolak ukur kinerja kita” sambut Susila.

Kontrak Kinerja adalah dokumen kesepakatan antara bawahan tentang target kinerja dalam periode 1 (satu) tahun. Dalam kontrak kinerja tercantum Indeks Kinerja Utama (IKU) yang telah disusun dengan prinsip SMART-C yaitu Specific (mampu menyatakan sesuatu secara definitif, tidak bermakna ganda, relevan, unik dalam menilai serta mendorong suatu unit/pegawai), Measurable (mampu diukur dengan jelas dan jelas cara pengukurannya), Agreeable (disepakati oleh pemilik IKU dan atasannya), Realistic (ukuran yang dicapai serta memiliki target yang menantang), Time Bounded (memiliki batas waktu pencapaian), Continuously Improved (kualitas dan target disesuaikan dengan perkembangan strategi organisasi dan selalu disempurnakan).

Tidak terasa kurang lebih sudah 10 tahun sejak Kontrak Kinerja dicanangkan, selama itulah Bea Cukai Batam terus mengukur dan mengoreksi diri untuk menjadi institusi yang lebih baik. Penandatanganan kontrak kinerja tahun 2021 ini merupakan titik awal dalam pelaksanaan program kerja selama setahun kedepan. Bea Cukai Batam optimis untuk menyelesaikan seluruh target yang telah ditetapkan dalam kontrak kinerja.