+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

Pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2015, Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam bersama 4 Asosiasi dan Kadin Provinsi Kepulauan Riau sebagai perwakilan pengguna jasa melaksanakan Penandatanganan Deklarasi Bersama Pengendalian Gratifikasi.

Dalam rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia yang diperingati pada setiap tanggal 9 Desember dengan tema tahun ini “Berbagi Peran Membangun Negeri Berbagi Peran Memberantas Korupsi”, KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam berinisiatif membuat acara Penandatanganan Deklarasi Pengendalian Gratifikasi dengan mengundang 5 perwakilan pengguna jasa sebagai saksi dan ikut menandatangani deklarasi tersebut.

IMG_1772

Piagam Deklarasi Bersama tersebut ditandatangani oleh Nugroho Wahyu Widodo selaku Kepala KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam, Amat Tantoso selaku Perwakilan Kamar Dagang dan Indonesia (Kadin) Provinsi Kepulauan Riau, Suri Teo selaku Sekretaris Jenderal Batam Shipyard and Offshore Association (BSOA), Daniel Burhanuddin selaku Ketua Gabungan Forwarder dan Ekspedisi Indonesia (Gafeksi/ALFI), H. Zulkifli selaku Ketua Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) DPC Batam dan H. Revi Rusman selaku Ketua Asosiasi Perusahaan Pengiriman Ekspress Indonesia (Asperindo).

Dalam sambutannya Kepala Kantor Bea dan Cukai Tipe B Batam, Nugroho Wahyu Widodo menyampaikan bahwa kita tidak perlu melihat orang lain, mari kita memulai, mari kita bekerjasama dan berubah bersama-sama. Bukan hanya dari pihak Bea Cukai, namun Bea Cukai juga membutuhkan dukungan dari para pengguna jasa.

Menurut Amat Tantoso selaku Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan dan Jasa Kamar Dagang dan Indonesia (Kadin) Provinsi Kepulauan Riau “ini merupakan awal yang baik, guna bersaing dan menyambut era Masyarakat Ekonomi Nasional (MEA) yang akan berlaku akhir Desember ini”.

Lima kesepakatan Deklarasi Bersama Pengendalian Gratifikasi yaitu, pertama tidak menawarkan/ memberikan gratifikasi dalam bentuk apapun, kedua mencegah praktik gratifikasi, ketiga melaporkan penerimaan gratifikasi, keempat melaporkan setiap bentuk pelanggaran dan kelima mendukung setiap upaya mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

IMG_1799

KPU Bea Cukai Batam selain melaksanakan Penandatanganan Deklarasi Bersama Pengendalian Gratifikasi, KPU Bea Cukai Batam juga menyambut Hari Anti Korupsi dengan Pelaksanaan Pekan Disiplin, Pelaksanaan Apel Luar Biasa, Sosialisasi dengan tema pengendalian gratifikasi, Peluncuran “Kantin Kejujuran”, Lomba “Fun Pantun”, pertandingan tenis meja antar Bagian/Bidang dan Capacity Building.

Untitled-2 copy

Untitled-3 copy

Untitled-4 copy

Bea Cukai Batam Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

WhatsApp chat