Pembangunan Dua KEK Baru, Bea Cukai Batam Siap Beri Dukungan Penuh

Batam, 9 September 2020

Pembangunan Dua KEK Baru, Bea Cukai Batam Siap Beri Dukungan Penuh

Pembangunan dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru di Batam akan memberikan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat. Keduanya adalah KEK Nongsa Digital Park yang dikelola oleh PT Taman Resor Internet dan KEK Batam Aero Technic yang dikelola oleh PT Batam Teknik. Setelah pembangunannya selesai, kedua KEK ini ditargetkan mampu menyerap 26.476 orang tenaga kerja baru dengan rincian 16.500 tenaga kerja akan diserap oleh KEK Nongsa Digital Park dan 9.976 tenaga kerja ditargetkan akan diserap oleh KEK Batam Aero Technic hingga tahun 2030.

Pembangunan dua KEK baru tersebut akan menambah jumlah KEK di Batam menjadi tiga KEK karena sebelumnya telah dibangun KEK Galang Batam pada tahun 2018 lalu. Pembangunan dua KEK baru ini diputuskan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Dalam menjalankan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) sebagai Industrial Assistance, Bea Cukai Batam telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif dengan mengadakan audiensi bersama PT Taman Resor Internet (TAMARIN) dan PT Batam Teknik. Audiensi ini juga dihadiri oleh Tim Asistensi dari Direktorat Fasilitas Kepabeanan.

Saat audiensi berlangsung, paparan materi juga disampaikan oleh Tim Asistensi dari Direktorat Fasilitas Kepabeanan Kantor Pusat DJBC mengenai fasilitas bagi perusahaan yang ditetapkan sebagai KEK. Adapun fasilitas tersebut berupa kemudahan seperti percepatan proses Customs Clearance dan pemberian fasilitas fiscal lainnya. Dengan adanya fasilitas kemudahan bagi perusahaan yang ditetapkan sebagai KEK, Bea Cukai Batam berharap agar bisa turut menggerakan perekonomian masyarakat di Batam khususnya dan mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Audiensi yang dilakukan melalui media teleconference aplikasi zoom meeting ini, adalah bentuk komitmen Bea Cukai Batam yang siap memberikan dukungan penuh bagi perusahaan yang ditetapkan sebagai KEK baru di Batam.

“Bea Cukai Batam akan tetap terus mengasistensi penuh kepada perusahaan yang nantinya akan mendapatkan fasilitas KEK maupun FTZ.” – ucap Rizki selaku Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Batam.

#beacukaimakinbaik