Meskipun Beda Platform, Bea Cukai Batam dan RRI Batam Berkomitmen Melayani Publik

Batam, (22/09/2020). Kepala Radio Republik Indonesia (RRI) Batam Arlin Setyaningsih dan Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi (BKLI) M. Rizki Baidillah sepakat bahwa RRI dan Bea Cukai merupakan institusi yang berkomitmen melayani publik, namun dalam pelaksanaannya menyesuaikan tugas dan fungsi masing-masing institusinya.

“Tugas kita melayani publik, beda platform aja sih pak. Saya harapkan kita bisa bersinergi. Media (RRI) punya negara monggo dimanfaatkan untuk berbagi informasi ke publik,” kata Arlin saat menerima kunjungan Bea Cukai Batam di Kantor RRI Batam, Gedung Graha Pena Batam Center, Selasa (22/09/2020).

Sepakat dengan Arlin, Rizki menyampaikan bahwa di samping media internal, media massa seperti RRI Batam sangat dibutuhkan untuk mempublikasikan kinerja dan program Bea Cukai Batam.

“Apalagi sekarang dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), kami aktif mengunjungi para pelaku usaha untuk memberikan asistensi dan menyerap masukan atau keluhan yang dialami. Sosialisasi juga terus kami lakukan untuk mengedukasi masyarakat. Fasilitas fiskal yang disiapkan pemerintah juga harus diketahui masyarakat. Nah, hal-hal seperti ini apabila dipublikasikan dengan baik maka akan menimbulkan optimisme di tengah masyarakat, apalagi saat ini pandemi Covid-19 belum usai,” kata Rizki.

Bea Cukai sebagai institusi pemerintah yang diberikan amanah sebagai trade facilitator, industrial assistance, community protector sekaligus revenue collector membutuhkan peran media massa untuk menyampaikan informasi secepatnya kepada pengguna jasa dan masyarakat luas.