Menjadi Akselerator Pemulihan Ekonomi Nasional, Bea Cukai Batam Dukung Dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam

Batam (15/06/2021) – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menjadi program unggulan Pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi dengan meningkatkan penanaman modal di Indonesia. Di Kota Batam terdapat dua KEK yaitu, Batam Aero Technic dan KEK Nongsa Digital Park. Kunjungan Kerja Komisi XI DPR ke wilayah Batam pada Jum’at, 11 Juni 2021 menjadi salah satu agenda Pembahasan Implementasi Kedua KEK tersebut.

Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Susila Brata dalam acara kunjungan tersebut menyampaikan dukungan perkembangan dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam yaitu, Nongsa Digital Park (NDP) dan MRO Batam Aero Technic (BAT)

“Bea Cukai Batam mendukung KEK ini yang dapat membantu pemulihan ekonomi nasional, beberapa hal pun telah dilakukan untuk mendukung KEK, seperti asistensi pengembangan IT Inventory, Customs Visit Customer, serta penyederhanaan prosedur layanan dan dokumen FTZ ke KEK” jelas Susila.

KEK Batam Aero Technic (BAT) seluas 30 ha memiliki target investasi sebesar Rp7,2 triliun dan penciptaan lapangan pekerjaan untuk 9.976 tenaga kerja. Sesuai penetapannya, KEK ini akan dikembangkan untuk kegiatan usaha produksi dan pengolahan, logistik dan distribusi, riset, ekonomi digital dan pengembangan teknologi. Adapun tujuan pembentukan KEK BAT ini yaitu :

  • melakukan pekerjaan perawatan dan perbaikan pesawat di Indonesia yang selama ini masih banyak dilakukan di luar negeri sehingga dapat menghemat devisa untuk kebutuhan Maintenance, Repair, and Operation (MRO)
  • menangkap peluang bisnis MRO dari pasar Asia Pasifik sehingga mampu meningkatkan devisa bagi negara
  • mampu menyerap sekaligus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Indonesia di bidang industri MRO.

Sementara itu, KEK Nongsa Digital Park memiliki luas 166,45 ha yang memiliki target investasi sebesar Rp16 triliun dan penciptaan lapangan pekerjaan untuk 16.500 tenaga kerja. KEK ini akan dikembangkan untuk kegiatan seperti usaha, riset, ekonomi digital, pengembangan teknologi, pariwisata, pendidikan, dan industri kreatif. Selanjutnya, tujuan KEK ini yaitu :

  • sebagai Information Technology (IT) hub digital bridge Indonesia ke manca negara
  • menghemat devisa negara di bidang digital dengan kontribusi terbesar pemenuhan kebutuhan kapasitas data center
  • menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia IT muda Indonesia
  • memaksimalkan infrastruktur koneksi internet internasional
  • sinergi kegiatan digital ekonomi dengan dengan potensi pengembangan pariwisata di Batam

Diharapkan dengan adanya KEK ini di Kota Batam, akan menjadi pilot plan dalam pengembangan kawasan ekonomi yang berbasis service dan digital yang dapat direplikasi pada beberapa wilayah di Indonesia lainnya sehingga dapat mendorong kemajuan pemulihan ekonomi nasional.