Meningkatkan Kewaspadaan, Bea Cukai Batam Mengadakan Sosialisasi APAR kepada pegawai

Batam – Bertempat di Lapangan Olahraga, Bea Cukai Batam menyelenggarakan sosialisasi penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) bersama PT Asia Rekha pada Jumat (26/09). Acara yang dibuka oleh Kepala Bagian Umum, Koen Rachmanto bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru dalam penggunaan alat pemadam kebaran dan melatih kesiapsiagaan terhadap awal terjadinya kebakaran di wilayah kerja.
“Sering kali kita abaikan alat ini, terlihat namun kita tidak tahu cara memakainya, maka dari itu kita semua harus tahu cara memakainya seperti apa sehingga kita selalu sigap ketika ada percikan api dimanapun dan kapanpun” Ujar Koen Rachmanto.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh PT Asia Rekha berisi tentang bagaimana kebakaran itu terjadi, pengenalan alat dan teknik pemakaian dalam memadamkan api. Para pegawai juga berkesempatan langsung mengikuti simulasi pemadaman api kecil menggunakan racun api apar. Satu per satu peserta kegiatan menunjukkan keterampilannya dalam menggunakan alat tersebut sesuai dengan teknik yang telah dijelaskan oleh Narasumber.

Cuaca yang tidak menentu di Batam membuat suhu terkadang sangat tinggi saat siang hari tentunya dapat memicu terjadinya kebakaran. Hal ini sesuai dengan teori segita api, yaitu suhu tinggi merupakan salah satu elemen pendukung terjadinya kebakaran. Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan seluruh pegawai, CS, dan PKD memiliki kewaspadaan tinggi dan tanggap apabila terjadi musibah kebakaran di Kantor Bea Cukai Batam.