+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

Batam (11/12) — Bea Cukai Batam bekerja sama dengan Direktorat Teknis Kepabeanan mengadakan Focus Group Discussion (FGD): Dampak dan Benefit Authorized Economic Operator (AEO) di Wilayah Free Trade Zone Batam Bintan Karimun (BBK) yang berlangsung tanggal 10 dan 11 Desember 2019 bertempat di  Aula lantai 3 KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam. Pada hari pertama FGD diikuti oleh perwakilan pejabat dan pegawai dari Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau, KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam, KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun serta KPPBC TMP B Tanjung Pinang.

Acara dibuka oleh Setyadi Cahyadi, Kepala Bidang Kepatuhan Internal yang menyampaikan dengan adanya kegiatan FGD AEO ini dapat mengkalibrasi aturan yang ada di Kawasan Bebas dengan kemudahan yang didapat penerima fasilitas AEO agar tidak ada benturan antara keduanya. Dengan adanya diskusi ini diharapkan pada akhirnya fasilitas AEO tersebut dapat diterapkan oleh perusahaan yang berada di kawasan bebas ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Weko Loekitardjo, Kasubdit PP dan AEO; Asep Ajun Hudaya, Kasubdit Fasilitas Kawasan Khusus; dan Priyono Triatmojo, Kasubdit Peraturan. Materi yang disampaikan mengenai penerapan AEO di kawasan bebas Batam, prosedur mendapatkan fasilitas AEO, manfaat mendapatkan fasilitas AEO baik tangible maupun intangible benefit, serta testimoni dari perusahaan penerima fasilitas AEO di wilayah Batam.

Hari kedua FGD diikuti oleh perusahaan yang berada di wilayah Batam baik yang sudah mendapat fasilitas AEO maupun yang belum. Tujuannya diadakannya FGD bersama perusahaan adalah memberikan edukasi dan berdiskusi tentang fasilitas AEO. Dalam acara tersebut perusahaan yang telah mendapat fasilitas AEO juga memberikan testimoni terkait kemudahan proses bisnis yang didapat setelah mendapatkan fasilitas tersebut.

Authorized Economic Operator (AEO) atau Operator Ekonomi Bersertifikat adalah operator ekonomi yang mendapat pengakuan oleh DJBC sehingga mendapatkan perlakuan kepabeanan tertentu.

WhatsApp chat