Membeli Barang Dari Luar Negeri? Waspadai Penipuan, Kenali Modusnya

Tuan dan Puan pernah membeli barang dari e-commerse yang dikirimkan dari luar negeri? Akhir akhir ini, minat masyarakat untuk berbelanja online barang-barang dari luar negeri semakin meningkat, karena hal tersebut tidak sedikit loh terjadinya penipuan yang mengatasnamakan Bea dan Cukai.

Karena masih ada masyarakat yang kurang mengetahui tentang prosedur barang kiriman, maraknya penipuan pun masih terjadi. Pentingnya untuk kita mengetahui prosedur penanganan barang kiriman serta memahami kewajiban kepabeanan atas barang kiriman kita tersebut.

Selama bulan Januari sampai dengan April 2022 Jumlah dokumen barang kiriman di BC Batam yang diselesaikan adalah 1.251.899, wah banyakkan Tuan dan Puan?.

Selain mengetahui kewajiban kepabeanan Tuan dan Puan juga harus mengenali modus-modus penipuan nih. Apa saja sih ciri-ciri penipuan? :

  • Umumnya korban mengenal pelaku melalui sosial media
  • Umumnya pelaku mengirimkan barang dengan nominal kecil yang diterima dengan baik oleh korban dengan tujuan untuk mendapatkan kepercayaan calon korban
  • Tidak menutup kemungkinan pelaku langsung “mengirimkan” paket dengan nominal fantastis
  • Pelaku sering memberikan nomor resi palsu disertai dengan foto Airway Bill (AWB) bahkan halaman pengecekan palsu
  • Korban dihubungi oknum yang mengaku sebagai petugas bea cukai yang menginformasikan bahwa paket tertahan di bea cukai dan diharuskan membayar sejumlah uang untuk pengeluaran barang
  • Nomor yang digunakan biasanya nomor handphone dan nomor rekening yang digunakan merupakan nomor rekening PRIBADI
  • Dalam berbagai kasus pelaku mengancam korban apabila tidak segera melakukan pembayaran maka akan dilaporkan kepada pihak berwajib dengan berbagai alasan

Lalu bagaimana jika Tuan dan Puan mengalami penipuan? Apa sih yang harus Tuan dan Puan Lakukan? Yang pertama pastikan bahwa rekening yang diberikan bukanlah rekening milik pribadi serta memastikan status barang kiriman Tuan dan Puan pada laman www.beacukai.go.id/BarangKiriman atau hubungi pusat informasi kami melalui kantor Bea Cukai terdekat.

Baca juga : Bagaimana Sih Cara Cek Barang Kiriman Kamu Dari Luar Negeri?