Lantik 5 Pejabat Baru, Kepala KPU Bea Cukai Batam: Ini adalah Bentuk Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai demi Bea Cukai yang Makin Baik

Batam (16/10) – Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam Susila Brata melakukan pelantikan 5 pejabat baru yang merupakan pejabat eselon IV di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah atau Janji Jabatan baru tersebut berlangsung di Ruang Rapat Rempang, Lt. 2 Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam (15/10).

Peserta Upacara merupakan pejabat eselon IV baru di lingkungan Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam dan disaksikan langsung oleh para pejabat eselon III. Hanya 1 pejabat baru yang dilantik dan melakukan sumpah atau janji jabatan secara langsung di ruangan sebagai perwakilan, pejabat baru lainnya hadir secara daring melalui Zoom Meeting Conference.

Kelima pejabat baru tersebut adalah Omben Subarlih sebagai Kepala Subbagian Sumber Daya Manusia, Nuryoko sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha dan Rumah Tangga, Riksi Amareiza Sompie sebagai Kepala Seksi Penagihan dan Keberatan, Andi Yusuf sebagai Kepala Seksi Fasilitas Pabean dan Cukai dan Supendi sebagai Kepala Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal.

Dalam amanat yang disampaikan saat upacara tersebut, Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam mengatakan bahwa rotasi, mutasi  dan promosi jabatan baru merupakan bagian dari manajemen sumber daya manusia.

“Dalam Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai (PRKC) di Lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, manajemen sumber daya manusia telah ditetapkan sebagai salah satu program unggulan DJBC.” Kata Susila.

Susila Brata juga mengatakan agar para pejabat baru mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam yang berada di kawasan bebas. Adanya sistem dan prosedur kepabenan dan cukai khusus di Batam sangat memerlukan dukungan kinerja dan dukungan sumber daya manusia yang baik.

Dalam segala keterbatasan di masa pandemi COVID-19, DJBC dituntut untuk menjadi faktor penggerak bangkitnya perekonomian Indonesia. Kehadiran para pejabat baru diharapkan mampu menambah semangat dan energi baru untuk mewujudkan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam.