+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

            Pada hari Sabtu tanggal 7 Maret 2015 pukul 09.00 WIB, bertempat di Ruang Rapat Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, KPU BC Batam menerima kunjungan pihak Export Control and Related Border Secrity (EXBS) yang didampingi oleh dua orang dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia dan dua orang konsultan, terkait dengan penyelenggaraan Technical Review Strategic Trade Control (STC) System di Indonesia.

IMG_2250

          Acara dimulai dengan pengenalan dan sambutan dari masing-masing pihak. EXBS menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan mereka ke KPU BC Batam. EXBS bertujuan untuk memberikan rekomendasi payung hukum dalam hal perijinan maupun penindakan terhadap barang-barang dwifungsi yang berpotensi disalahgunakan untuk pembuatan senjata pemusnah massal. Barang dwifungsi ini masih dapat digunakan untuk pemakaian umum, namun perlu diatur penggunaannya sesuai peraturan yang berlaku. Mereka menyediakan anggaran sebesar 1 juta Dollar Amerika yang sebagian dari anggaran tersebut digunakan untuk penyediaan peralatan dan perlengkapan, perlatihan identifikasi terhadap barang yang berpotensi disalahgunakan, pelatihan keamanan di pelabuhan maupun bandara, pelatihan penyediaan perlengkapan, dan identifikasi teknik yang biasa digunakan penyelundupan kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi pengenalan dan peninjauan lapangan yang berada dibawah pengawasan KPU BC Tipe B Batam.

IMG_2282

         Selain ke KPU BC Tipe B Batam, EXBS akan melaksanakan kunjungan ke KPPBC Entikong, Ngurah Rai, Tanjung Perak, Bitung, dan Ambon.

WhatsApp chat