+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Batam merupakan kantor yang memiliki karakteristik yang berbeda dari Kantor Wilayah atau Kantor Pelayanan Bea dan Cukai lain karena KPU Bea dan Cukai Batam ini berada di kawasan bebas atau Free Trade Zone (FTZ). Hal ini mengundang banyak kalangan yang ingin mengetahui bagaimana sistem kerja bea dan cukai di Batam. Pada hari Rabu tanggal 10 Juni 2015, KPU Bea dan Cukai Batam di kunjungi oleh perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai kegiatan bea dan cukai di kawasan bebas Batam.

Untitled-2

Acara diawali dengan sambutan dari kepala kantor yang didampingi para pejabat eselon III dan eselon IV, Nugroho Wahyu Widodo, yang akrab di panggil Pak Noeg selaku Kepala Kantor memaparkan tugas dan fungsi yang diemban oleh KPU Bea dan Cukai Batam. Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwasannya bea dan cukai selaku aparat birokasi negara selalu menjalankan tugas dan kewajibannya dengan maksimal dan penuh tanggung jawab. Disamping itu beliau juga menjelaskan perbedaan bea dan cukai yang berada di kawasan bebas dengan yang berada diluar kawasan bebas.

Untitled-3

Setelah mendapatkan penjelasan dari Kepala Kantor, perwakilan DPR RI kemudian memberikan beberapa pertanyaan. Salah satunya mereka ingin mengetahui apa kelemahan dan kelebihan kawasan bebas ini terhadap kinerja bea dan cukai. Diskusi berlangsung hangat dan acara kemudian ditutup dengan bertukar cinderamata.β

WhatsApp chat