KUNJUNGAN AUSTRALIAN CUSTOMS AND BORDER PROTECTION SERVICE (ACBPS) KE KPU BEA DAN CUKAI TIPE B BATAM

Pada hari Selasa, 9 Juni 2015 Kantor Pelayanan Utama Tipe B Batam dikunjungi oleh delegasi Australian Customs And Border Protection Service (ACBPS) yaitu Ms. Alexis Victoria Rizio dan Mr. Andrew John Scowen yang bertugas sebagai Investigator of Trade Enforcement Unit. Kunjungan tersebut diadakan dalam rangka menindaklanjuti salah satu hasil kesepakatan pertemuan bilateral the 14th Customs Talks antara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dengan Australian Customs And Border Protection Service (ACBPS).

acbsp1

Tujuan kunjungan tersebut adalah dalam rangka berdiskusi mengenai kegiatan-kegiatan yang dilaksanankan oleh Trade Enforcement Unit, serta hal-hal yang berkaitan dengan trade-based money laundering. Pihak ACBPS juga berharap dapat memperoleh pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana kegiatan operasional Free Trade Zone, serta dapat mengidentifikasi adanya peluang untuk kerjasama kedepannya terkait revenue and trade crime area.

acbsp2

Bapak Noegroho Wahyu Widodo, selaku Kepala Kantor Pelayanan Utama Tipe B Batam menyambut dengan baik kunjungan delegasi Australian Customs And Border Protection Service (ACBPS) tersebut. Kegiatan ini juga di hadiri oleh Bapak Iskandar, selaku Subdirektorat Kerjasama Bilateral Direktorat Kepabeanan Internasional Kantor Pusat Bea dan Cukai, serta beberapa Pejabat Eselon III dan pejabat Eselon IV di lingkungan Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam. Bapak Noegroho memberikan sambutan yang kemudian di lanjutkan dengan presentasi dari ACBPS mengenai Trade Enforcement Unit Activities dan trade -based money laundering. Dilanjutkan presentasi dari Bea dan Cukai Batam mengenai Free Trade Zone dan revenue and trade crime area.

acbsp3

Setelah saling memaparkan informasi satu sama lain, kemudian diskusi tersebut diakhiri dengan diskusi tanya jawab antara kedua belah pihak. Delegasi Australian Customs And Border Protection Service (ACBPS) juga mengunjungi beberapa tempat di Batam yang berkaitan dengan kinerja Bea dan Cukai Batam.