BC Batam Berhasil Gagalkan Penyelundupan Narkoba

KPU BC Tipe B Batam Berhasil Menggagalkan Penyelundupan Narkotika Jenis Methamphetamine

Selasa, tanggal 28 Oktober 2014, pukul 09.30 WIB di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam, petugas dari Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam (KPU BC Batam) melakukan penangkapan terhadap seorang pemuda yang berinisial SS. Pemuda kelahiran tahun 1983 ini kedapatan tengah menyeludupkan dua bungkus narkoba jenis methamphetamine sebanyak 3.989 gram (bruto).

Kejadian berawal ketika Petugas Bea dan Cukai mencurigai sebuah travel bag milik penumpang yang akan berangkat dari hasil pencitraan mesin x-ray. Atas kecurigaan tersebut, petugas melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan membongkar isi travel bag tersebut. Dari pemeriksaan tersebut didapati bungkusan alumunium foil dan plastik bening yang disembunyikan di antara pakaian. Bungkusan berisi serbuk kristal putih yang diduga sebagai narkoba jenis shabu.

ersangka dan barang bawaannya dibawa ke KPU BC Batam untuk diteliti lebih lanjut. Serbuk kristal yang diduga narkoba tersebut kemudian dites dengan menggunakan narcotest kit yang hasilnya menunjukan barang tersebut positif tergolong narkoba jenis methampethamine (shabu). Pelaku dan barang bukti kemudian diserahkan kepada Kepolisian Resort Kota Barelang. Tersangka dijerat dengan dugaan melakukan tindak pidana Kepabeanan di bidang impor dalam pasal 102 huruf e Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan dan tindak pidana dalam pasal 113 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.