Batam (17/02) – Kantor Pelayanan Utama (KPU) Award diberikan kepada pengguna jasa yang dinilai telah memberikan kontribusi terbaiknya di Pulau Batam. Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Susila Brata, pada malam puncak KPU Day 13, di Aula Lantai 3 KPU Bea Cukai Batam dengan mengikuti Protokol Kesehatan PSBB Pandemi Covid-19, secara ketat.
Kegiatan tahunan ini, merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi Bea Cukai Batam terhadap kontribusi dari para pengguna jasa dalam memajukan ekonomi Indonesia khususnya di Pulau Batam. Penghargaan untuk tahun 2021 ini, merupakan kesinambungan dari penghargaan serupa pada tahun-tahun sebelumnya. KPU Award sudah berlangsung sejak tahun 2018, dan dari waktu ke waktu, proses/metode penilaian, selalu ditingkatkan standarnya.
Aspek penilaian mengacu pada beberapa kriteria berupa penerimaan bea masuk, penerimaan bea keluar, pemulihan ekonomi nasional, peningkatan devisa ekspor, kinerja sarana pengangkut dan pemberitaan media masa. Penerima penghargaan merupakan pengguna jasa yang memberikan kontribusi tertinggi berdasarkan akumulasi nilai dari masing-masing kriteria.
Berikut daftar penerima KPU Award Tahun 2020
Pertama, Kontributor Bea Masuk Terbesar Tahun 2020; Duta Niaga Logistik, Indotirta Suaka dan Tiki Jalur Nugraha Ekakurir
Kedua, Kontributor Bea Keluar Terbesar Tahun 2020; Musim Mas, Energi Unggul Persada dan TH Indo Plantations
Ketiga, Perusahaan Pendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Terbaik Tahun 2020; Pertamina Persero
Keempat, Kontributor Devisa Ekspor Terbesar Tahun 2020; Musim Mas, Ecogreen Oleochemicals dan Pegatron Technology Indonesia
Kelima, Perusahaan Sarana Pengangkut dengan Kinerja Terbaik Tahun 2020; Lion Mentari Airlines, Citilink Indonesia dan Batam Fast
Keenam, Mitra Media Massa Terbaik Tahun 2020; Tribun dan Batampos
Melalui penghargaan KPU Award ini, diharapkan dapat mendorong dan memotivasi para pengguna jasa untuk terus memberikan kontribusi terbaiknya dalam memajukan ekonomi Indonesia.