Kolaborasi Bank Mandiri & Bea Cukai Batam Perkuat Strategi Sosialisasi BLE

Foto Bersama Bea Cukai Batam dan Bank Mandiri

Batam (10/11) – Bea Cukai Batam terima kunjungan perwakilan dari Kantor Pusat Bank Mandiri pada Selasa, 9 November 2021. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka membahas strategi sosialisasi untuk ciptakan kesadaran pengguna jasa akan manfaat National Logistics Ecosystem (NLE) dan Batam Logistics Ecosystem (BLE).

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri, Nugraha Ani, menyampaikan,

“Tugas Bank Mandiri sebagai bagian dari BLE dan NLE adalah bagaimana menciptakan awareness dari pengguna jasa agar mereka merasakan manfaat dari adanya BLE dan NLE ini. Beberapa strategi sosialisasi yang kami lakukan salah satunya adalah dengan berdiskusi dengan kepala Kantor BC Batam.” jelas Ani.

Pihak Bank Mandiri menyampaikan bahwa nasabah Bank Mandiri di Batam mayoritas terdiri dari pengguna jasa kepelabuhanan. Nasabah Bank Mandiri di Batam memiliki bidang usaha seperti shipping, cargo, dan lain sebagainya. Bank Mandiri memiliki kewajiban untuk menyampaikan kepada nasabahnya bahwa BLE adalah program pemerintah yang sangat bermanfaat dan harus didukung.

Terkait dengan bagaimana Bank Mandiri meningkatkan kesadaran nasabah atau pelaku usaha, menyambung dari kesepakatan yang telah ditandatangani secara nasional, disampaikan bahwa sosialisasi itu penting. Sosialisasi ini terkait bagaimana sesama instansi saling mendukung untuk menyukseskan BLE dan NLE ini.

Pihak Bank Mandiri menginisiasikan untuk membuat Memorandum of Understanding (MoU) bersama Bea Cukai Batam sebagai pengampu dan BP Batam sebagai regulator untuk bekerja sama dalam sosialisasi bersama yang terjadwal antar instansi. Poin penting lainnya dalam MoU tersebut juga terkait kontinuitas integrasi layanan kepelabuhanan di BLE.

Dengan adanya MoU ini, pihak Bank Mandiri berharap MoU ini dapat menjadi pijakan bagi pelaku usaha untuk dapat bergabung dengan BLE. Pelaku usaha diharapkan bisa lebih yakin untuk bergabung dan menyukseskan BLE

Sebagai penutup, Kepala Kantor Bea Cukai Batam Ambang Priyonggo, menyampaikan,

“Terkait dengan pembuatan MoU, akan kami pelajari terlebih dahulu kesepakatannya. Apakah perlu turunan atau bagaimana akan dibahas terlebih dahulu secara internal.  Namun yang tetap harus dipahami, Bea Cukai Batam harus tetap menjaga sistem agar tetap inklusif. Sosialisasi itu penting, dengan ataupun tanpa MoU tetap dapat dilakukan.” pungkasnya.